comscore

Sandiaga Ajak Mahasiswa Jadi Generasi Perubahan

Whisnu Mardiansyah - 02 September 2021 23:34 WIB
Sandiaga Ajak Mahasiswa Jadi Generasi Perubahan
Menparekraf Sandiaga Uno. Foto: dok Kemenparekraf.
Surabaya: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengajak mahasiswa tidak menyerah dalam menghadapi setiap perubahan. Ia pun mendorong agar mahasiswa menjadi generasi perubahan, bukan generasi rebahan.

Hal itu ia ungkapkan ketika memberikan motivasi pada mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022, Universitas Dr Soetomo (Unitomo) Surabaya yang mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). 
Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung segala upaya anak muda untuk menjadi entrepreneur (pengusaha). Kemenparekraf memiliki beberapa program seperti Widuri (Wirausaha dan Digital Mandiri) untuk menumbuhkan wirausaha muda dan ekosistem digital.

"Pandemi covid-19 telah banyak memberikan dampak buruk bagi rakyat Indonesia termasuk industri kreatif. Untuk itu melalui momentum PKKMB ini sebagai pemuda kita harus bangkit dan ikut berpartisipasi di bidang pengembangan industri kreatif," kata Sandiaga, Kamis, 2 September 2021. 

Baca: Tinjau Vaksinasi di Priok, Sandiaga Disuntik Vaksin Dosis ke-2

Sandiaga melanjutkan ekonomi kreatif saat ini gerbang untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya. Yaitu dengan mendorong para pelaku parekraf melakukan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi lewat sejumlah program.

"Oleh karena itu, ini kan menjadi tantangan bagi kalian mahasiswa baru (maba) yang kelak menjadi tulang punggung Indonesia harus mampu menjawab tantangan dan kemandirian di masa pandemi. Mari menjadi generasi perubahan dan bukan menjadi generasi rebahan," tuturnya.

Sementara itu, Rektor Unitomo, Siti Marwiyah  menjelaskan pentingnya membentuk mental yang kuat dan karakter kebhinekaan bagi mahasiswa baru, terutama di lingkungan akademis.

“Mari jadikan PKKMB ini sebagai momentum untuk meningkatkan kemampuan akademik dan kecerdasan emosional. Disamping aktif kuliah diharap nantinya maba juga aktif di organisasi kemahasiswaan, karena untuk mencapai kesuksesan hanya membutuhkan 20 persen kecerdasan IQ dan sisanya 80 persen adalah kecerdasan emosional yang ditunjukkan dengan bagaimana anda dapat mengembangkan diri dalam keragaman hidup bermasyarakat," kata Marwiyah.


*Hai Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk  https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/Ovo @Rp 50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan. Salam hangat.
 

(WHS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id