comscore

Angka Kematian Ibu Saat Melahirkan di Jepara Meningkat

Rhobi Shani - 06 Oktober 2021 15:38 WIB
Angka Kematian Ibu Saat Melahirkan di Jepara Meningkat
Ilustrasi kehamilah. Paxels
Jepara: Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mencatat angka kematian ibu (AKI) saat melahirkan masih tinggi bahkan mengalami kenaikan.

Pada 2018 tercatat sebanyak 12 kasus, tahun 2019 ada 13 kasus, tahun 2020 ada 15 kasus, dan pada tahun ini sampai bulan Agustus AKI sudah menyentuh angka 18 kasus.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara, Mundrikatun, mengatakan masa pandemi ini ibu yang meninggal saat melahirkan akibat covid-19 ada 14 kasus, satu kasus karena pendarahan, satu kasus karena help syndrome, dan satu kasus karena adanya penyakit jantung.

"Angkanya 77,8% di tahun 2021 ini, penyebabnya adalah covid-19, kemudian ada penyakit yang di derita si ibu. Kalo yang diakibatkan persalinan, itu kecil sekali penyebabnya," kata Mudrikatun di Jepara, Rabu, 6 September 2021.

Baca: Temuan Mortir Aktif Bikin Geger Warga Pakisaji Malang

Hal yang bisa diupayakan untuk menekan angka AKI yaitu menggenjot pelayanan Keluarga Berencana (KB). Salah satunya dengan menerapkan pengaruh kontrasepsi pada program ini.

"Target pelayanan KB  bersama mitra kerja di Jepara sebanyak 39,496 akseptor yang terdiri dari berbagai metode dengan durasi waktu selama bulan ini hingga bulan depan," jelas Mundrikatun.

Untuk mengoptimalkan pencapaian tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara melakukan sosialisasi upaya peningkatan akses dan kualitas pelayanan KB bersama mitra kerja Kabupaten.

"Maka Perlu penguatan kesehatan masa sebelum hamil, untuk melihat layak atau tidaknya memulai kehamilan. Jika tidak, bisa melakukan intervensi ibu sebelum hamil," ungkap Mundrikatun.

Kesiapan usia hamil juga berpengaruh pada kualitas bayi dan kesehatan si ibu. Yaitu disaat wanita berusia 20 tahun dan pria 25 tahun. Sepanjang tahun ini, ibu yang meninggal waktu melahirkan yang berusia kurang dari 20 tahun jumlahnya satu orang. Pada rentan usia 20-35 tahun, angkanya 13 kasus. Sedangkan, di atas 35 tahun ada 4 kasus.

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id