401 Warga Merapi Mengungsi ke Klaten

    Media Indonesia.com - 15 November 2020 13:09 WIB
    401 Warga Merapi Mengungsi ke Klaten
    Relawan menyekat tempat pengungsi di GOR Kalimosodo. (Foto: MI/Djoko Sarjono)
    Klaten: Pengungsi di kawasan rawan bencana (KRB) III Gunung Merapi di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, terus bertambah. Hingga Sabtu, 14 November 2020, pukul 21.00 WIB, jumlah pengungsi mencapai 401 orang.

    Untuk menampung pengungsi erupsi Gunung Merapi, Pemerintah Kabupaten Klaten menyiapkan tiga tempat evakuasi sementara (TES) di Balai Desa Tegalmulyo, Balai Desa Balerante, dan GOR Kalimosodo.

    Saat ini, pengungsi yang ditampung di TES Balai Desa Tegalmulyo 128 orang, dan 273 pengungsi tinggal di Balai Desa Balerante. Sementara, GOR Kalimosodo yang disiapkan di Desa Sidorejo belum terisi.

    Humas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten Nur Tjahjono Suharto menjelaskan, pengungsi yang ditampung di Balai Desa Tegalmulyo asal Dukuh Canguk, Sumur, dan Pajegan. 

    Baca juga: Longsor, Jembatan Penghubung Antarkecamatan di Bireun Amblas

    Sedangkan pengungsi erupsi Gunung Merapi yang tinggal sementara di lokasi penampungan Balai Desa Balerante, adalah warga Dukuh Sambungrejo, Ngelo, Ngipiksari, Gondang, dan Sukorejo. 

    "Sementara, hingga Sabtu malam, jumlah ternak sapi milik warga Desa Balerante yang sudah diungsikan 124 ekor," kata Humas BPBD Klaten kepada Media Indonesia, Minggu, 15 November 2020.

    Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menaikkan status aktivitas Gunung Merapi dari waspada level II menjadi siaga level III pada 5 November 2020.

    Arus pengungsian terjadi sejak Jumat, 6 November 2020, atau sehari setelah penetapan status siaga Gunung Merapi. Saat ini, jumlah pengungsi 401 orang. Mereka warga KRB III asal Desa Tegalmulyo dan Balerante, Klaten. (Media Indonesia)

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id