Gunung Merapi Muntahkan Lava Pijar 42 Kali dalam 24 Jam

    Ahmad Mustaqim - 18 Januari 2021 12:53 WIB
    Gunung Merapi Muntahkan Lava Pijar 42 Kali dalam 24 Jam
    Gunung Merapi. Istimewa


    Yogyakarta: Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat Gunung Merapi muntahkan ;ava pijar puluhan kali dalam 24 jam. Selain itu, gempa guguran terjadi lebih dari seratus kali.

    “Hasil pengamatan Gunung Merapi selama 17 Januari lalu, teramati 42 kali guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimal 1.500 meter ke arah barat daya,” kata Kepala BPPTKG, Hanik Humai dihubungi, Senin, 18 Januari 2021.


    Lokasi luncuran itu merupakan titik kemunculan material di atas lava 1997. Lava pijar yang keluar itu langsung meluncur dan tidak tertamping di puncak gunung tersebut. Titik keluar lava tersebut berada di pinggir tebing.

    Selain itu, Hanik melanjutkan, gempa guguran terjadi sebanyak 116 kali. Selain gempa guguran, intensitasnya cukup rendah.

    “Gempa fase banyak terjadi 25 kali, gempa vulkanik dangkal terjadi sekali, gempa tektonik terjadi sekali, dan gempa hembusan dua kali,” ujarnya.

    Baca: Anggota DPR Fraksi Golkar, Gatot Sudjito Meninggal Lantaran Covid-19

    Kemudian, pada dinihari Gunung Merapi juga muntahkan lava pijar dan awan panas. Hanik menyebut, awan panas guguran dan guguran lava pijar periode 18 Januari 2021 dinihari hingga pagi juga terjadi di arah barat daya.

    “Terjadi awan panas guguran Gunung Merapi dengan amplitudo 22 milimeter dan durasi 112 detik. Jarak luncur kurang lebih satu kilometer ke arah barat daya atau Kali Krasak,” ujarnya.

    Selain itu, juga teramati tinggi kolom 50 meter di atas puncak Gunung Merapi. Kemudian, guguran lava pijar enam kali dengan jarak luncur maksimum 600 meter.

    Sampai saat ini, Gunung merapi masih berstatus siaga. Jarak aman aktivitas manusia masih berjarak sekitar lima kilometer dari Puncak Gunung Merapi.

    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id