Pelancong di Pantai Klungkung Bali Bakal Dipantau CCTV

    Candra Yuri Nuralam - 11 Februari 2021 22:45 WIB
    Pelancong di Pantai Klungkung Bali Bakal Dipantau CCTV
    Ilustrasi pantai. Medcom.id/M Rizal



    Bali: Tiap wajah pelancong yang menikmati wisata di kawasan pantai Nusa Penida, Klungkung, Bali akan dipantau dengan kamera. Pemerintah Kabupaten Klungkung berencana memasang kamera closed ciruit television (CCTV) yang bisa mengenali wajah di beberapa lokasi wisata.

    "Ini merupakan salah satu langkah penting untuk mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola sehari-hari, tentunya demi keamanan dan kesejahteraan masyarakat," kata Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melalui keterangan tertulis, Kamis, 11 Februari 2021.






    Suwirta mengatakan kamera pengawas itu mampu mengenali wajah yang berjarak 25 sampai 50 meter. Kamera pengawas itu bakal dipasang di pantai kawasan Nusa Penida yakni, Pantai Atuh, Kelingking Beach, Pasih Uug, Angel’s Billabong, dan kawasan Devil Tears.

    Baca: Bali dan Kumamoto Bersiap Jalin Sister Province

    Kamera pengawas ini dipasang demi memperketat keamanan para pelancong dan warga sekitar Klungkung. Suwirta berharap kamera itu bakal mengurangi kriminalitas di kawasan Pantai Nusa Penida.

    "Kami harapkan hal ini dapat mempertinggi efisiensi dalam memperbaiki pelayanan publik, serta meningkatkan kenyamanan warga maupun wisatawan," ujar Suwirta.

    Suwirta juga mengatakan pemasangan kamera ini sudah mengacu pada program K4 milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Pemasangan kamera pengawas ini diharap bisa menarik minat wisatawan di tengah pandemi.

    "Tentunya kami tetap pada komitmen kami untuk mewujudkan kesadaran akan keselamatan dan keamanan di kalangan pelaku pariwisata di tengah pandemi covid-19," tutur Suwirta.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id