Korban Meninggal Akibat Gempa Malang Bertambah Jadi Tiga Orang

    Amaluddin - 10 April 2021 19:59 WIB
    Korban Meninggal Akibat Gempa Malang Bertambah Jadi Tiga Orang
    Warga menyaksikan rumah yang rusak akibat gempa di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (10/4/2021) - ANT/Syaiful Arif



    Surabaya: Korban akibat gempa magnitudo 6,1 di Kabupaten Malang terus bertambah. Tercatat, tiga orang meninggal, dua korban luka berat, dan lima korban luka ringan.

    "Semuanya berasal dari Kabupaten Lumajang," kata Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, di Surabaya, Sabtu, 10 April 2021.






    Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur mencatat tiga korban meninggal, yakni Ahmad Fadholi, warga Desa Tempurrejo RT 002 RW 002 Kecamatan Tempursari. Kemudian, Juwanto, warga RT 04 RW 09 Desa Kaliuling, Kecamatan Tempursari, dan H. Nasar, warga RT 01 RW 03 Desa Kaliuling Kecamatan Tempursari.

    "Ketiganya meninggal dunia karena tertimpa longsor reruntuhan bangunan saat gempa terjadi. Ada lagi yang dibawa ke rumah sakit," kata Khofifah.

    BPBD Jatim juga mencatat kerusakan sejumlah bangunan di beberapa kabupaten/kota akibat gempa. Tercatat, di Kabupaten Malang, bangunan yang mengalami kerusakan, ialah kantor Desa Majangtengah, sejumlah rumah di Desa Majangtengah, gedung pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di Kecamatan Bantur, Gondanglegi, Turen, Kromengan, Pamotan, dan Kecamatan Donomulyo.

    Masih di Kabupaten Malang, kerusakan juga menimpa gedung SMKN 1 Turen, MTsN 1 Malang, SMAN 1 Sumberpucung, Tumpakrejo Gedangan, SMK WD Turen, Balai Desa Sumberejo, dan Masjid Jenggolo. Sementara itu, di Kota Malang, kerusakan ringan terjadi di satu gedung rusunawa, satu unit rumah, satu unit bangunan bengkel, dan patung gorilla di Batu Secret Zoo, Kota Batu.

    (Baca: Emil Dardak: 18 Kabupaten di Jatim Merasakan Guncangan Gempa Malang)

    Gempa juga menyebabkan sejumlah bangunan rusak ringan, sedang, maupun berat di Kabupaten Lumajang. Rinciannya, gedung SD Argosari 2, sejumlah rumah rusak di 12 desa di tujuh kecamatan, dan gedung Puskesmas Pronojiwo.

    Sebanyak 11 rumah rusak di Kabupaten Pasuruan, Kerusakan juga menimpa Masjid Baiturohman Kecamatan Tutur, Hotel Ancala di Desa Tosari, TK Al Mujahidin, dan Rest Area di Dusun Telogosari, Desa Tosari.

    Sementara itu, delapan orang mengalami luka ringan di Kabupaten Blitar. Bangunan yang mengalami kerusakan, ialah kantor Bupati Blitar, kantor DPRD Kabupaten Blitar, dan RSUD Ngudi Waluyo Wlingi.

    Sedangkan di Kota Blitar, sebagian gedung RSUD Mardi Waluyo mengalami kerusakan, enam unit rumah rusak ringan, masjid di lingkungan BTN Gedog rusak ringan, MI Hidayatulloh rusak ringan. Kemudian, Depo Arsip Kelurahan Tanggung Kecamatan Kepanjenkidul rusak ringan, gedung Inspektorat Kota Blitar rusak ringan, dan satu unit kandang roboh.

    Kemudian, di Kabupaten Trenggalek, beberapa bangunan rusak, yakni kantor Kecamatan Durenan, SMK Durenan, kantor Desa Cakul, Kecamatan Dongko, SMP 2 Tugu, Balai Desa Siki. Lalu, rumah warga rusak di Desa Margumulyo, Kecamatan Watulimo, Balai Desa Cakul, Kecamatan Dongko, dan Balai Desa Timahan, Kecamatan Kampak.

    Sementara di Kabupaten Gresik, dilaporkan satu unit rumah rusak ringan akibat getaran gempa. Di Kota Kediri, gedung IIK Baktiwiyata rusak ringan. Di Kabupaten dan Kota Probolinggo, dua unit rumah dan satu unit musala dilaporkan rusak ringan. Di Kabupaten Ponorogo, satu unit rumah juga dilaporkan rusak sedang.

    BPBD Jatim juga mencatat di Kabupaten Jember satu rumah rusak berat, tujuh unit rumah rusak sedang, enam unit rumah rusak ringan, dan satu unit masjid rusak sedang. Selanjutnya, sejumlah rumah dilaporkan mengalami rusak ringan hingga sedang di Tulungagung.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id