Malioboro Diuji Coba Bebas Kendaraan Selama 2 Pekan

    Ahmad Mustaqim - 24 Oktober 2020 13:56 WIB
    Malioboro Diuji Coba Bebas Kendaraan Selama 2 Pekan
    Kawasan Malioboro, Yogyakarta terapkan normal baru dengan protokol kesehatan. (Foto: Medcom.id/Mustaqim)
    Yogyakarta: Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyiapkan uji coba kawasan Malioboro tanpa kendaraan bermotor dengan durasi sekitar dua pekan. Rencana uji coba itu akan dimulai 2 November 2020.

    Sekretaris Daerah pemerintah DIY, Kadarmanta Baskara Aji, menjelaskan uji coba Malioboro tanpa kendaraan bermotor itu dilakukan jadi bagian kebijakan wilayah destinasi wisata di pusat Kota Yogyakarta itu. Bedanya, dari biasanya hanya sehari menjadi sekitar 14 hari.

    “Tapi ini belum permanen. (Hanya) waktu uji coba (Malioboro menjadi semi pedestrian) menjadi lebih lama,” kata Kadarmanta dihubungi, Sabtu, 24 Oktober 2020.

    Uji coba Malioboro bebas kendaraan bermotor dengan durasi panjang untuk mengetahui situasi lalu lintas di hari kerja maupun libur. Termasuk untuk mengetahui titik kepadatan. 

    Meski tanpa kendaraan bermotor, transportasi umum bus Trans Jogja masih bisa melintas di lokasi itu, termasuk kendaraan prioritas, seperti mobil pemadam kebakaran dan ambulan.

    Menurut Kadarmanta, kendaraan bermotor masih bisa melintas di jalan sekitar Malioboro. Misalnya, jalan sirip-sirip, Jalan Mataram, Jalan Abu Bakar Ali, Jalan Pasar Kembang, serta Jalan Ahmad Yani dan Senopati yang tetap berlaku dua arah.

    “Saya kira (uji coba Malioboro tanpa kendaraan bermotor) tidak terlalu sulit atau merugikan. Prinsipnya pengunjung tetap bisa santai dan belanja,” ujarnya.

    Ia menambahkan, pekerja perkantoran maupun buruh di perhotelan dan pusat perbelanjaan di Malioboro tetap bisa mengakses lewat jalur-jalur sirip. Ada sejumlah hotel berbintang yang ada di kawasan Malioboro. Selain itu, ada sejumlah perkantoran, seperti DPRD DIY dan Kepatihan atau Kantor  Gubernur DIY.

    Pelaksana tugas Kepala Dinas Perhubungan DIY, Ni Made Dwi Panti, menambahkan, rencana uji coba itu aka melihat situasi dan kondisi di lapangan. Apalagi uji coba dengan durasi waktu lebih lama menjadi hal baru.

    “Sejak dari dulu sudah direncanakan. Tapi (tujuannya) bagaimana menata supaya Malioboro menjadi lebih menarik,” ungkapnya.

    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id