Bandara Adisutjipto Operasikan Thermoscan

    Patricia Vicka - 22 Januari 2020 15:15 WIB
    Bandara Adisutjipto Operasikan Thermoscan
    Alat pendeteksi suhu tubuh atau thermoscan di Bandara Adisutjipto Yogyakarta. (Foto: Medcom.id/Vicka)
    Sleman: Angkasa Pura 1 memperketat pemeriksaan penumpang kedatangan internasional di Bandara Adisutjipto, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pengetatan pemeriksaan penumpang dilakukan untuk mengantisipasi penularan virus korona asal Wuhan, Tiongkok.

    General manager Bandara Adisucipto Angkasa Pura(AP) 1 Agus Pandu Purnama mengatakan seluruh penumpang yang baru tiba dari penerbangan internasional diperiksa menggunakan alat pemindah suhu tubuh atau thermoscan.

    "Thermoscan dipasang di pintu masuk terminal kedatangan International Bandara Adisucipto Yogyakarta. Kami kerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) ," jelas Pandu, Rabu, 22 Januari 2020.

    Suhu penumpang akan mudah terbaca oleh thermoscan. Jika ada penumpang yang suhu tubuhnya melebihi 38 derajat celsius, sensor atau alarm pada alat ini akan berbunyi. Petugas kemudian segera memeriksa kesehatan lebih lanjut terhadap penumpang tersebut.

    "Penumpang akan kami tanya perjalanan kemana saja, ada riwayat penyakit apa, apakah pernah pergi ke daerah suspect. Lalu ada pemeriksaan lebih dalam lagi untuk mencari tahu penyakit yang penumpang," jelas Pandu.

    Jika dicurigai terjangkit virus korona, petugas akan merujuk pasien ke RSUP Sardjito. Kendati demikian, Pandu memastikan belum ada temuan kasus korona yang terjadi di perlintasan Bandara Adisutjipto.




    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id