Ganjar: Sudah Zamannya PNS Bisa Bekerja tanpa ke Kantor

    Mustholih - 22 November 2019 19:11 WIB
    Ganjar: Sudah Zamannya PNS Bisa Bekerja tanpa ke Kantor
    Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan). (Foto: MI/Ramdani)
    Semarang: Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, berpendapat memang sudah zamannya pegawai negeri sipil (PNS) bisa bekerja tanpa harus pergi ke kantor. Syaratnya, setiap PNS harus diberi sistem kerja yang jelas dan mampu menguasai teknologi informasi.

    "Mereka yang memang di belakang meja, saya kira baik. Sudah zamannya kok. Kalau mereka bisa menggunakan teknologi informasi, kerjanya tidak hanya dari rumah tapi dari mana pun," kata Ganjar, Semarang, Jawa Tengah, Jumat, 22 November 2019.

    Ganjar berujar sudah saatnya PNS yang setiap hari bekerja di kantor diberi ruang gerak lebih. Bekerja tanpa harus ke kantor dinilai Ganjar juga bisa menambah efisiensi. 

    "Seperti kemungkinan tidak membuat macet dan ribet. Tapi sistemnya disiapkan dulu. Personel disiapkan dulu agar nanti tidak mubazir," ujar Ganjar menegaskan.

    Ganjar mengaku Jawa Tengah belum memiliki sistem kerja PNS tanpa harus ke kantor. Sementara ini, kata Ganjar, Jateng sedang sedang mencoba menerapkan sistem kerja e-office. 

    "Tapi kita lagi mencoba ke e-office dulu. Kalau e-office sudah bisa dan beberapa pekerjaan bisa ditunaikan dari rumah, maka presensi kinerja tidak lagi berdasarkan kehadiran fisik," jelas Ganjar.

    Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mencetuskan konsep bekerja dari rumah. Rencananya, Bappenas akan menguji coba konsep itu per 1 Januari 2020. Seribu ASN di lingkungan Bappenas akan melaksanakan konsep tersebut. Konsep serupa bisa diterapkan di ibu kota baru bila berhasil diterapkan di Bappenas.



    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id