Pengendara Tanpa Surat Kendaraan Dominasi Pelanggaran di Sulsel

    Muhammad Syawaluddin - 06 November 2019 19:48 WIB
    Pengendara Tanpa Surat Kendaraan Dominasi Pelanggaran di Sulsel
    Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
    Makassar: Satlantas Polrestabes Makassar mencatat ada sebanyak 3.003 tindakan terhadap pengendara yang melanggar selama operasi zebra. Pelanggaran terbanyak adalah pengendara yang tidak memiliki kelengkapan surat-surat. 

    "Dari 3.003 pelanggar lalu lintas. Pelanggaran yang mendominasi adalah kelengkapan surat-surat kendaraan dengan 756 pelanggar," kata Kepala Urusan Bidang Operasi Sat Lantas Polrestabes Makassar, AKP Semuel To'longan di Makassar, Rabu, 6 November 2019.

    Samuel mengatakan pelanggaran tanpa kelengkapan surat-surat kendaraan tersebut semuanya adalah pengendara roda dua. Selain itu pengendara yang tidak menggunakan helm berada diurutan kedua dengan 639 pelanggar. 

    "Dominasi pelanggaran sepeda motor adalah kelengkapan surat-surat 756, dalam arti surat-surat ini sudah masuk Sim dan STNK pengendara. Disusul dengan tidak menggunakan helm, sebanyak 639 pelanggar," jelas Samuel.

    Dari data Dirlantas Polda Sulsel tersebut pelanggaran memang didominasi oleh pengedara toda dua lantaran pengguna kendaraan tersebut lebih banyak dibandingkan dengan kendaraan roda empat. 

    "Pelanggar lalu lintas itu didominasi oleh pengguna sepeda motor sekitar 2.479 sedangkan pelanggar roda empat atau mobil hanya sekitar 524 pelanggar," ungkap Samuel.

    Selain tidak memiliki kelengkapan surat-surat kendaraan dan tidak menggunakan helm, di Sulawesi Selatan juga masih banyak anak di bawah umur yang sudah mengendarai roda dua. Padahal dalam aturan lalu lintas anak yang berumur 16 tahun ke bawah belum bisa mengendarai kendaraan. 

    "Ada juga pengendara yang masih dibawa umur 157 pelanggar. Yang melawan arus sekitar 421. Itu berpotensi terjadinya kecelakaan sangat besar pengaruhnya," pungkas Samuel.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id