Foto Komodo Adang Truk Viral, Pulau Rinca Akhirnya Ditutup

    Media Indonesia.com - 26 Oktober 2020 12:22 WIB
    Foto Komodo Adang Truk Viral, Pulau Rinca Akhirnya Ditutup
    Komodo menghalangi truk di Pulau Rinca, NTT. Istimewa
    Pulau Rinca: Sebuah foto komodo yang sedang mengadang truk di Taman Nasional Komodo, Pulau Rinca, Nusa Tenggara Timur ramai beredar di media sosial. Karenanya, pengelola setempat memutuskan menutup Pulau Rinca dalam rangka pembangunan sarana di tempat tersebut.

    Pertimbangan itu atas putusan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang menutup resort dari kunjungan wisatawan. Selain menutup resort tersebut, proyek Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Pulau Rinca juga ditutup.

    "Menutup sementara Resort Loh Buaya, SPTN Wilayah I Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo, terhitung sejak tanggal 26 Oktober 2020 hingga 30 Juni 2021 dan akan dievaluasi setiap dua minggu sekali," tulis surat yang ditandatangani Kepala BTNK Lukita Awang Nistyantara.

    Dalam surat tersebut, juga ditulis bahwa dalam pembangunan sarana prasarana wisata alam di Resort Loh Buaya (dermaga, pusat informasi wisatawan, jalan jerambah, dan penginapan ranger serta naturalist guide) mengutamakan keselamatan satwa komodo.

    Lukita menyebut, setidaknya terdapat 15 individu komodo yang sering terlihat di sekitar lokasi dari total 60 individu komodo yang hidup di lembah Loh Buaya di Pulau Rinca.

    Pelaksanaan pembangunan sarana wisata alam serta aktivitas ekowisata di dalam kawasan Taman Nasional Komodo, kata Lukiya, memperhatikan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran virus covid-19.

    "Penutupan sementara ini akan dievaluasi secara berkala dengan memperhatikan perkembangan pembangunan sarpras wisata alam di Resort Loh Buaya, SPTN Wilayah I Pulau Rinca," ujar Lukita. 

    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id