Kalimantan Selatan Masih Akan Dilanda Cuaca Buruk

    Media Indonesia.com - 31 Maret 2021 08:52 WIB
    Kalimantan Selatan Masih Akan Dilanda Cuaca Buruk
    Sejumlah Prajurit Korps Marinir TNI AL Pasmar 1 Jakarta menggunakan perahu karet untuk mengevakuasi korban banjir di Desa Pekauman Ulu, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Sabtu (16/1/2021). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)



    Banjarmasin: Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalimantan Selatan memperkirakan kondisi cuaca buruk berupa hujan dengan intensitas sedang-tinggi disertai angin kencang dan petir masih melanda sejumlah wilayah kabupaten/kota hingga sepekan ke depan.

    BMKG Kalsel menerbitkan peringatan dini cuaca buruk yang masih akan terjadi pada sejumlah daerah meliputi Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Tanah Laut, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan, dan Tabalong.






    Pada bagian lain BPBD Provinsi Kalsel melaporkan bencana banjir yang terjadi di wilayah Kecamatan Mentewe, Kabupaten Tanah Bumbu. Banjir yang terjadi sejak Selasa petang, 30 Maret 2021, merendami puluhan rumah warga dengan ketinggian air sekitar 60 centimeter.

    Sebelumnya hujan yang turun sejak beberapa hari terakhir menyebabkan pusat kota Kabupaten Kotabaru di Kecamatan Pulau Laut terendam banjir. Berdasarkan data BPBD Kotabaru, banjir dengan ketinggian air setengah meter atau selutut orang dewasa merendami sejumlah areal permukiman penduduk, fasilitas umum, dan ruas jalan di kawasan pusat kota Kabupaten Kotabaru.

    Baca juga: Bupati dan Wabup Solok Tolak Beli Mobil Dinas Baru

    Tercatat ada lima titik banjir di wilayah ini. Sebagian warga mengungsi ke lokasi aman seperti musala dan masjid sekitar. Hujan juga menyebabkan terjadinya longsor di kawasan Jalan Sigam, Kecamatan Pulau Laut.

    "Banjir yang terjadi di Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru sudah berangsur surut," tutur Mujiyat, Kepala BPBD Kalimantan Selatan, Rabu, 31 Maret 2021.

    Provinsi Kalsel sendiri masih dalam status waspada bencana hidrometeorologi seiring kondisi cuaca buruk yang melanda wilayah tersebut. Hingga saat ini sebagian wilayah di Kabupaten Banjar di antaranya Kecamatan Martapura, Martapura Timur, dan Sungai Tabuk, masih terendam banjir.

    "Banjir akibat meluapnya Sungai Martapura, meski tidak separah bencana banjir pada Januari lalu. Sebelumnya banjir juga sempat melanda wilayah di Kabupaten Tapin dan Balangan," terangnya. (Denny Susanto)

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id