Ekspor Ikan Beku Sulut ke AS Tak Terdampak Pandemi

    Antara - 27 September 2020 05:52 WIB
    Ekspor Ikan Beku Sulut ke AS Tak Terdampak Pandemi
    Ilustrasi kapal nelayan. Medcom.id/Syahmaidar
    Manado: Kinerja ekspor ikan beku Sulawesi Utara (Sulut) ke Amerika Serikat (AS) tetap stabil di tengah pandemi covid-19. Sepanjang September 2020, Sulut mengirim 18 ton ikan beku ke AS dengan nilai miliaran rupiah.

    "(Ekspor September 2020) mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar US$168.000 dolar AS (setara Rp2,5 miliar dengan kurs US$1=Rp14.900)," kata Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Disperindag Sulut Darwin Muksin di Manado, Sulut, Sabtu, 26 September 2020.

    Pihaknya bersyukur krisis ekonomi akibat covid-19 tidak berdampak besar terhadap kinerja ekspor di Sulut. Bahan pangan merupakan salah satu sektor yang tak begitu terdampak krisis akibat virus korona.

    Petani dan pengekspor di Sulut memanfaatkan pagebluk korona sebagai peluang untuk meningkatkan kinerja ekspor pangan. Dia juga mengatakan produk perikanan Sulut masih sangat disukai masyarakat Amerika Serikat, baik ikan beku maupun segar.

    "Hampir setiap minggu produk perikanan Sulut diekspor ke Negara Adidaya tersebut untuk memenuhi permintaan masyarakatnya," kata Darwin.

    Sulut memiliki ikan kaleng, segar, beku, dan kayu sebagai andalan ekspor. Empat komoditas dari perikanan ini menghasilkan nilai ekspor lebih dari 10 persen dari total nilai ekspor Sulut ke berbagai negara di dunia selama lima tahun terakhir.

    Ia mengatakan nilai ekspor perikanan terbesar diperoleh dari Jerman, Amerika Serikat, Arab Saudi, Inggris, dan Yaman. Komoditas Sulut merambah Eropa seperti Belgia dan Belanda maupun pangsa pasar Asia, seperti Korea, Taiwan, dan China. Sulut juga mengekpor produk hingga Timur Tengah dan Afrika.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id