Penyuntikan Vaksin Covid-19 Dosis Kedua di DIY Mencapai 60%

    Ahmad Mustaqim - 17 Februari 2021 20:22 WIB
    Penyuntikan Vaksin Covid-19 Dosis Kedua di DIY Mencapai 60%
    ilustrasi Medcom.id



    Yogyakarta: Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta tengah berupaya menyelesaikan penyuntikan vaksin covid-19 terhadap tenaga kesehatan (nakes). Otoritas terkait menyebut persentase penyuntikan vaksin dosis kedua sudah di atas 60 persen.

    Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani, menjelaskan ada sebanyak 9.710 nakes yang jadi target vaksinasi. Jumlah itu ditambah 245 nakes lansia dan 972 nakes yang sempat tertunda penyuntikan vaksinnya karena sejumlah hal.




    "Sampai pekan kemarin, penyuntikan vaksin terhadap nakes dosis pertama mencapai 99,81 persen dan 62 persen sudah selesai disuntik dosis kedua," ujar Emma dalam keterangan pers, Rabu, 17 Februari 2021.

    Baca: Dalam 24 Jam, 89.157 Dosis Vaksin Covid-19 Disuntikkan kepada Nakes

    Ia mengatakan, stok vaksin covid-19 di Kota Yogyakarta tersisan 3.605 dosis. Jumlah itu diperkirakan masih cukup menyelesaikan sasaran nakes yang belum divaksinasi pada tahap pertama.

    "Termasuk tenaga kesehatan yang sempat tertunda dan untuk tenaga kesehatan lansia," kata dia.

    Emma mengatakan, total vaksin yang diterima Kota Yogyakarta bulan lalu 19.400 dosis. Jumlah itu didistribusikan dua kali.

    Baca: Wapres: Saya Sudah Divaksin, Tidak Sakit

    Pihaknya menargetkan vaksinasi nakes, termasuk usia lanjut selesai akhir Februari. Ia menyebut, sudah menghitung jeda pemberian vaksin; 14 hari untuk usia di bawah 59 tahun dan 28 hari untuk di atas usia 59 tahun.

    Emma menyebut proses vaksinasi tahap kedua masih dalam pendataan, yakni pelayanan publik sabagai sasarannya. Beberapa target sasaran vaksin tahap kedua mulai daro ASN, polisi, TNI, tokoh masyarakat, dosen, guru, hingga pedagang. Ia memperkirakan jumlah penerima vaksin tahap kedua mencapai 35 ribu orang.

    "Vaksinasi sejauh ini dilayani di 18 puskesmas, 11 rumah sakit, dan dua klinik. Jumlah fasyankes (fasikitas pelayanan kesehatan) untuk penyuntikan vaksin akan ditambah, termasuk akan menambah 300 vaksinator agar vaksinasi bisa lebih cepat," kata dia.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id