626 PKL Terdampak PPKM Di Karanganyar Terima Kompensasi

    Triawati Prihatsari - 22 Januari 2021 17:29 WIB
    626 PKL Terdampak PPKM Di Karanganyar Terima Kompensasi
    Ilustrasi. (Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra)



    Karanganyar: Sebanyak 626 pedagang kaki lima (PKL) di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, menerima suntikan modal masing-masing Rp300 ribu. Bantuan diberikan sebagai kompensasi dampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

    "Mereka (PKL) kami minta libur selama PPKM. Khususnya PKL yang berjualan di fasilitas umum seperti Alun-alun atau Taman Pancasila. Mereka libur selama dua pekan mulai 11-25 Januari 2021," ujar Bupati Karanganyar, Juliyatmono, Jumat, 22 Januari 2021.






    Kompensasi diberikan sebagai bentuk apresiasi pemerintah kepada PKL lantaran ikut mendukung program PPKM. Regulasi terkait penyetopan sementara operasional PKL di fasilitas umum sesuai surat edaran (SE) Bupati nomor 510/0112-7-2/I/2021 tentang PPKM di Kabupaten Karanganyar. 

    Baca juga: Puluhan UMKM di Malang Gulung Tikar Terdampak PPKM

    Sementara itu, penyerahan kompensasi dilakukan secara bertahap dan diatur agar tidak membentuk kerumunan dimulai Kamis, 21 Januari 2021. Dinas Perdagangan telah mendata PKL baik nama, nomor induk, dan nomor telepon. 

    PKL wajib melampirkan syarat untuk mencairkan kompensasi yaitu dengan membawa KTP dan fotokopi KK. Setelah didata di meja pendaftaran, mereka langsung menerima uang senilai Rp 300 ribu. Usai menerima uang, PKL akan difoto sebagai bukti yang bersangkutan sudah menerima bantuan. 

    "Saya tahu soal bantuan ini dari grup aplikasi pesan singkat paguyuban pedagang. Sejak PPKM saya memang libur, biasanya jualan di Plaza Alun-alun Karanganyar. Sekarang sementara berjualan di rumah," tutur salah satu PKL penerima kompensasi, Ninik. 


    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id