Pertumbuhan Ekonomi Sulsel 2020 Diprediksi Capai 7,6 Persen

    Muhammad Syawaluddin - 06 Desember 2019 10:05 WIB
    Pertumbuhan Ekonomi Sulsel 2020 Diprediksi Capai 7,6 Persen
    ilustrasi Medcom.id/ Rakhmat Riyandi.
    Makassar: Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sulawesi Selatan memprediksi pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Selatan akan tetap sama seperti sebelumnya atau berada pada kisaran 7,6 persen pada 2020.

    Direktur Bank Indonesia Kantor perwakilan Sulawesi Selatan, Bambang Kusmiarso, mengatakan prediksi itu cukup relevan dengan modal pembangunan pada 2019 dan dengan mencermati perkembangan ekonomi yang ada.

    "Pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan selama tahun 2019 diperkirakan tetap tinggi pada kisaran 7,0 persen 7,4 persen. Dengan mencermati perkembangan ekonomi yang ada, pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan 2020 diperkirakan akan meningkat dalam kisaran 7,2 – 7,6 persen (yoy)," kata Bambang di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, 5 Desember 2019.

    Pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni pertama, berlanjutnya stimulus fiskal pemerintah untuk terus meningkatkan infrastruktur di luar daerah. Kedua komoditas utama Sulawesi Selatan relatif tidak terdampak oleh perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok.

    Pelaksanaan Pilkada serentak di 12 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan juga akan mendorong konsumsi rumah tangga yang diimbangi dengan tetap kuatnya investasi swasta, selama Pilkada tersebut berjalan dengan aman.

    "Beroperasinya beberapa proyek infrastruktur strategis di semester kedua akan menjadi katalis pertumbuhan ekonomi," jelas Bambang.

    Menurut Bambang berlanjutnya investasi infrastruktur pemerintah juga akan mendorong lapangan usaha konstruksi, sekaligus mendorong pariwisata sehingga meningkatkan pertumbuhan lapangan usaha perdagangan serta akomodasi dan makan minum. Kebijakan pelonggaran Loan-To-Value (LTV) diprediksi mulai memberikan dampak pada pertumbuhan penjualan rumah di Sulawesi Selatan.

    "Konsumsi rumah tangga dan sektor pertanian masih menjadi penopang ekonomi Sulawesi Selatan," pungkas Bambang.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id