Masyarakat DIY Diminta Kelola Sampah secara Mandiri

    Patricia Vicka - 17 Januari 2020 15:10 WIB
    Masyarakat DIY Diminta Kelola Sampah secara Mandiri
    Ilustrasi--Pengendara motor melintas di depan tempat pembuangan sampah (TPS) yang tidak bisa menampung sampah lagi di TPS Kampung Pengok, Kota Yogyakarta. (Foto: MI/Ardi Teristi Hardi)
    Yogyakarta: Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tak lagi mampu menampung sampah. Masyakarat pun didorong untuk mengelola sampah secara mandiri.

    Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana, mengatakan, penanganan sampah tidak bisa diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah. Masyarakat juga punya peranan yang sama. 

    “Pengelolaan sampah mandiri bisa mengurangi tumpukan sampah di TPST Piyungan,” ujar Huda di Yogyakarta, Jumat, 17 Januari 2020.

    Ia melanjutkan tumpukan sampah yang datang ke TPA Piyungan dalam sehari rata-rata mencapai 600 ton. Hal ini lantaran TPST menampung sampah dari tiga Kabupaten yakni Bantul, Sleman, dan Kota Yogyakarta.

    Menurut Huda, pengelolaan sampah secara mandiri dapat dimulai dari rumah tangga. Sampah sebelum dibuang ke TPST dipilah terlebih dahulu. Benda-benda tidak terpakai yang masih dapat digunakan disarankan agar tidak dibuang ke TPST.

    “Sampah yang sudah dipilih kemudian dibeli oleh pengepul, sedangkan yang tidak laku dibuang ke TPA Piyungan.  Sampah yang dibuang ke TPA Piyungan, misalnya popok bayi dan pembalut wanita,” jelasnya.

    Huda menyebut pengelolaan sampah secara mandiri bisa mencontoh warga Dusun Jetis, Wedomartani, Ngemplak, Sleman. Sampah yang masih dapat digunakan dijual ke bank sampah. Uang hasil penjualan dipakai untuk kegiatan bersama.

    "Proses pemilahan ini mampu mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke TPST sebesar 98 persen. Warga bisa mencontoh kegiatan ini," pungkasnya.




    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id