160 Desa Kabupaten Kupang Merealisasikan LPJ Dana Desa

    Antara - 17 Desember 2019 17:20 WIB
    160 Desa Kabupaten Kupang Merealisasikan LPJ Dana Desa
    Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Charles E Panie. Antara/ Benny Jahang
    Kupang: 160 desa di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur telah merealisasikan laporan pertangungjawaban (LPJ) dana desa tahap I dan II. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Charles E Panie, mengatakan tidak ada lagi desa di Kabupaten Kupang yang bermasalah dengan laporan pertangungjawaban keuangan dana desa.

    "160 desa di Kabupaten Kupang telah merealisasikan laporan pertangungjawaban penggunaan dana desa tahap I dan II," kata Charles E Panie di Oelemasi, Selasa, 17 Desember 2019.

    Charles menjelaskan upaya pendampingan dilakukan pemerintah Kabupaten Kupang sehingga mempercepat pembuatan laporan pertangungjawaban dana desa tahap I dan II.

    Para kepala desa kata dia diwajibkan untuk membuat LPJ penggunaan dana desa tahap I dan II di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa untuk mempercepat pembuatan LPJ.

    "Petugas kami yang melakukan pendampingan terhadap para kepala desa dalam pembuatan LPJ sehingga bisa dituntaskan lebih cepat," jelas Charles.

    Charles kembali mengatakan 160 desa yang telah merealisasikan LPJ dana desa tahap I dan II maka berhak menerima dana desa tahap ketiga.

    Menurut Charles pencairan dana desa tahap ketiga seharusnya berlangsung Oktober 2019, namun karena banyak kepala desa yang belum membuat LPJ dana desa tahap I dan II sehingga pencairan tahap III dana desa mengalami penundaan hingga Desember.

    Dikatakannya, pencairan dana desa tahap ketiga saat ini sedang dalam proses pencarian untuk 160 desa di Kabupaten Kupang.

    "Pencairan dana desa tahap ketiga sudah selesai dilakukan minggu ketiga Desember 2019. Kami optimistis penyerapan dana desa sebesar Rp165 miliar tahun 2019 untuk 160 desa di Kabupaten Kupang mencapai 100 persen," pungkas Charles.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id