Mumtaz Rais Wajib Ikut Penjaringan

    Patricia Vicka - 13 Desember 2019 16:14 WIB
    Mumtaz Rais Wajib Ikut Penjaringan
    Ketua DPD PAN Sleman Sadar Narima (tengah) di kantor DPD PAN Sleman, Jumat, 13 Desember 2019. Medcom.id/ Patricia Vicka
    Sleman: Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional PAN memberikan surat rekomendasi kepada anak Amien Rais Ahmad Mumtaz Rais sebagai bakal calon Bupati Sleman pada pilkada 2020. Namun Dewan Perwakilan Daerah DPD PAN Sleman menegaskan Mumtaz tetap wajib mengikuti penjaringan dan seleksi kandidat.

    "Mumtaz Rais harus tetap mengikuti mekanisme pilkada yang ada sesuai peraturan Ad/ ART. Proses penjaringan kami dari bawah (DPD) ke atas (DPP)," kata Ketua DPD PAN Sleman, Sadar Narima, di kantor DPD PAN Sleman, Jumat, 13 Desember 2019.

    Sadar menjelaskan surat rekomendasi tersebut bukanlah jaminan Mustaz untuk menjadi satu-satunya calon yang diusung PAN dalam pesta demokrasi mendatang. Pihaknya masih akan berdialog dengan internal partai dan masyarakat untuk menyeleksi calon yang akan diusung melalui mekanisme yang telah disepakati internal.

    Menurut Sadar saat ini ada enam nama yang diusulkan oleh internal PAN. Mumtaz Rais masuk dalam nama kandidat yang diusulkan. Usai terpilih nama kandidat calon akan disampaikan pada DPP melalui DPW untuk mendapatkan surat rekomendasi. 

    "Figur PAN yang diinginkan adalah sosok yang populer dan didukung masyarakat dan partai. Serta sosok yang mampu memajukan Sleman dengan meminimalisir kesenjangan sosial antara Sleman Barat dan utara dengan Sleman Timur, tengah dan selatan," jelas Sadar.

    Selanjutnya menurut Sadar calon kandidat harus mendapat persetujuan dari partai koalisi. Lantaran PAN yang hanya memilili sembilan kursi tak bisa mencalonkan seorang diri. "Belum tentu pihak koalisi setuju dengan calon yang dapat surat recomendasi DPP. Jadi kandidat akhir harus dapat dukungan dari internal partai, koalisi partai dan masyarakat," pungkas Sadar.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id