Potensi Hujan di Banjarnegara Masih Rendah

    Antara - 29 Oktober 2019 13:06 WIB
    Potensi Hujan di Banjarnegara Masih Rendah
    Ilustrasi lahan Banjarnegara-Wonosobo, Jawa Tengah (Jateng), 11 Juli 2019. MEDIA INDONESIA/ Lilik
    Banjarnegara: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan bahwa potensi hujan di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, masih rendah dan belum merata.

    "Potensi hujan masih rendah, dengan curah hujan di bawah 50 milimeter dan belum merata, dalam arti ada wilayah yang berpotensi hujan dan ada yang belum," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, Selasa, 29 Oktober 2019.

    Setyoajie menjelaskan prakiraan awal musim hujan di Banjarnegara pada umumnya mundur sekitar dua dasarian dari rata-rata. Kecuali wilayah Banjarnegara bagian Timur Laut yang diprakirakan sama dengan rata-ratanya dan Banjarnegara bagian Barat Daya mundur satu dasarian.

    Menurut Setyoajie BMKG juga memprakirakan bahwa puncak musim hujan di Banjarnegara akan berlangsung pada Januari 2020.

    "Puncak musim hujan diprakirakan berlangsung pada bulan Januari untuk itu masyarakat diminta mewaspadai cuaca ekstrem mendekati puncak musim hujan nantinya," ungkap Setyoajie.

    Sebelumnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Jawa Tengah, terus mengintensifkan distribusi air bersih ke wilayah kekeringan menyusul masih tingginya permintaan dari masyarakat yang membutuhkan bantuan.

    Kepala Pelaksana Harian BPBD Banjarnegara Arief Rahman mengatakan hingga saat ini ada 11 kecamatan yang terdampak kekeringan dan mengalami krisis air bersih.

    Sepuluh kecamatan tersebut antara lain, Madukara, Banjarnegara, Pagedongan, Bawang, Punggelan, Purwanegara, Susukan, Wanadadi, Purwareja Klampok, dan Mandiraja dan Banjarmanggu.

    Sebelumnya BMKG memprakirakan bahwa Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, memasuki awal musim hujan pada bulan Oktober dasarian dua.

    Setyoajie menambahkan sejak akhir September 2019 sebagian wilayah di Kabupaten Banjarnegara sudah memasuki musim pancaroba atau peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.

    Selain Banjarnegara, kabupaten lain di sekitarnya seperti Banyumas dan Purbalingga juga mulai memasuki musim hujan pada bulan Oktober.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id