comscore

Jembatan Penghubung Bojonegoro-Tuban Jatim Sudah Bisa Dilalui

Clicks.id - 13 Januari 2022 11:26 WIB
Jembatan Penghubung Bojonegoro-Tuban Jatim Sudah Bisa Dilalui
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat meresmikan jembatan Bojonegoro- Tuban (Foto / Metro TV)
Bojonegoro: Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa meresmikan jembatan Terusan Bojonegoro-Tuban (TBT), Rabu, 12 Januari 2022. Dia berharap, jembatan penghubung Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro dengan Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, bisa memacu pertumbuhan ekonomi kedua wilayah.

"Jembatan ini menjadi akses antara Bojonegoro dan Tuban dan berpengaruh pada sektor ekonomi dan interaksi sosial," kata Khofifah.

 



Jembatan yang membentang di atas Sungai Bengawan Solo tersebut dibangun sejak April 2021 dengan panjang 210 meter, lebar jalur kendaraan 7 meter, dan 2x1 meter untuk trotoarnya.

Menurut orang nomor satu di Jatim itu, masyarakat yang semula bertransaksi di Pasar Rengel (Tuban) maupun Pasar Kanor (Bojonegoro) menggunakan perahu akan lebih mudah dan aman dengan sarana jembatan.

"Adanya jembatan ini, masyarakat akan mendapat kesempatan baru untuk mendapatkan rezeki, karena mudahnya akses," ungkap dia.

Baca juga: Fasilitas Isoter se-Babel Nihil Pasien Covid-19

Sementara itu, Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah mengatakan, dengan adanya jembatan TBT ini akan menambah moda akses ekonomi, sosial dan kekeluargaan serta sinergitas antarkedua kabupaten.

"Di 2020 kami juga mencoba membuka perluasan akses ke arah Blora, Jawa Tengah, sekaligus bisa menopang aktivasi Bandara Ngloram," ujar Anna.

Senada, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky mengatakan jika pada 2022 Kabupaten Tuban juga akan menggelontorkan dana sebesar Rp3,4 miliar.

"Anggaran tersebut akan kami gunakan untuk perluasan jalan di sekitar Jembatan TBT sepanjang 1,8 km, dengan lebar 6 meter," ujarnya.

Pembukaan jembatan TBT ini disambut sukacita bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Bojonegoro maupun Kabupaten Tuban. Salah satunya, Siti (45) yang merupakan pedagang sayuran asal Desa Cangakan, Bojonegoro.

"Dengan adanya jembatan ini, saya tidak perlu lagi bersusah payah menyeberangi Sungai Bengawan Solo untuk mengambil barang dagangan di Tuban," aku Siti.


(MEL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id