comscore

Perairan Sangihe-Talaud Berpotensi Dilanda Gelombang Tinggi Capai 4 Meter

Antara - 17 Januari 2022 08:40 WIB
Perairan Sangihe-Talaud Berpotensi Dilanda Gelombang Tinggi Capai 4 Meter
Ilustrasi Medcom.id.
Manado: Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Utara mengingatkan masyarakat mewaspadai gelombang 2,5-4,0 meter di perairan Sangihe dan Talaud serta laut Maluku bagian utara.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berlaku hingga Senin pukul 08.00 WITA," sebut Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Bitung, Andi Cahyadi, di Manado, Minggu, 16 Januari 2022.
Dia menjelaskan, pola angin di wilayah Indonesia bagian Utara dominan bergerak dari arah Utara-Timur Laut dengan kecepatan berkisar 5-20 knot.

Kecepatan angin tertinggi berpotensi terjadi di Laut Sulawesi, perairan Kepulauan Sangihe-Talaud dan Perairan Kepulauan Sitaro.

Baca juga: Kota Bogor Operasi Pasar Minyak Goreng

Selain itu, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini gelombang 1,25-2,5 meter yang berpeluang terjadi di perairan Utara Sulawesi, Laut Sulawesi, perairan Selatan Kepulauan Sangihe, perairan Kepulauan Sitaro, perairan Bitung-Likupang, perairan Selatan Sulut serta Laut Maluku bagian Selatan.

BMKG mengeluarkan rekomendasi berharap memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran di antaranya, perahu nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Kapal tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter), kapal Ferry (kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5meter), serta kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar (kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 meter).

"Masyarakat dan kapal-kapal yang melakukan aktivitas di daerah yang tercantum dalam daftar area peringatan dini di atas diharapkan mempertimbangkan kondisi tersebut," imbaunya.


(MEL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id