comscore

Ekonomi Jatim Triwulan II 2021 Tumbuh 7,05%

Reno Reksa - 06 Agustus 2021 13:21 WIB
Ekonomi Jatim Triwulan II 2021 Tumbuh 7,05%
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (ANTARA/HO-Biro Adpim Jatim/FA)
Surabaya: Ekonomi Jawa Timur triwulan kedua tahun 2021 tercatat tumbuh positif di angka 7,05 persen year on year (yoy). Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengaku bersyukur dengan capaian itu, sebab diraih dalam masa pandemi covid-19. 

Khofifah menjelaskan, adapun sektor yang menjadi penopang utama pertumbuhan ekonomi triwulan II 2021 adalah industri pengolahan. Sementara sektor lain yang turut berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Jawa Timur adalah pertanian, perdagangan besar dan eceran, serta reparasi sepeda motor dan mobil.
“Ini suasana bagi kita untuk mendorong ekonomi,” ujar Khofifah, Jumat, 6 Agustus 2021.

Ekonomi Jatim Triwulan II 2021 Tumbuh 7,05%

Khofifah pun berharap agar tren positif pertumbuhan ekonomi Jawa Timur ini bisa bertahan hingga triwulan tiga dan empat. Disiplin protokol kesehatan dan akselerasi vaksinasi, menurut Khofifah menjadi kunci untuk kebangkitan di segala sektor, termasuk kesehatan, ekonomi, dan sosial.

"Vaksinasi menjadi bagian penting. Namun protokol kesehatan tetap harus berjalan," ujar Khofifah.

Baca: Keterisian Tempat Tidur Pasien di RS Lapangan Tembak Surabaya Menurun

Sementara itu, Badan Pusat Statistik (BPS) juga mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2021 ini tembus 7,07 persen secara year on year (yoy). Pertumbuhan ekonomi Indonesia meroket setelah pada periode sama tahun lalu mengalami kontraksi sebesar 5,32 persen.
 
Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan, berdasarkan besaran Produk Domestik Bruto (PDB) atas dasar harga berlaku (ADHB) pada kuartal II-2021 mencapai Rp4.175,8 triliun dan atas dasar harga konstan (ADHK) mencapai Rp2.772,9 triliun.
 
"Kalau kita bandingkan pada kuartal II-2020 atau secara year on year (yoy) perekonomian Indonesia tumbuh 7,07 persen," kata dia dalam video conference, Kamis, 5 Agustus 2021.

Ia menjelaskan, pertumbuhan ekonomi kuartal II tahun ini berhasil melesat setelah pada kuartal II-2020 mengalami penurunan. Pada saat itu, pemerintah melakukan pembatasan aktivitas secara ketat menyusul penyebaran virus covid-19.
 
"Tadi sama dengan Singapura, dengan beberapa negara Uni Eropa, dia dalam (kontraksi ekonomi) di kuartal II, maka pada kuartal II-2021 ini tumbuhnya cukup tinggi," jelas dia.
 
Secara kuartalan, pertumbuhan ekonomi Indonesia dibandingkan kuartal I-2021 ini tumbuh 3,31 persen. Sedangkan secara kumulatif dari Januari sampai Juni 2021 terhadap Januari-Juni 2020 perekonomian Indonesia tumbuh 3,10 persen.
 
"Perekonomian Indonesia pada kuartal II polanya itu selalu mengalami peningkatan, karena tadi saya sampaikan bahwa pertumbuhan quartal to quartal itu karena pola baik musim tanam, ataupun karena puasa dan Lebaran," pungkasnya.

(ALB)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id