Komplotan Pembobol Mesin ATM di Malang Ditangkap

    Daviq Umar Al Faruq - 17 September 2021 20:08 WIB
    Komplotan Pembobol Mesin ATM di Malang Ditangkap
    Konferensi pers kasus pembobolan mesin ATM di Polresta Malang Kota.



    Malang: Polresta Malang Kota menangkap komplotan spesialis pembobol mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di wilayah Malang Raya, Jawa Timur. Mereka berinisial AF alias Toyib, 33; dan AP, 29, yang merupakan warga Kabupaten Malang, Jawa Timur.

    "Tersangka AP diamankan di Kabupaten Malang, sementara AF alias Toyib, sempat melarikan diri ke Kabupaten Mojokerto, namun berhasil kita tangkap," kata Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto, Jumat 17 September 2021.

     



    Budi menjelaskan, dua tersangka tersebut merupakan karyawan salah satu vendor mesin ATM. Keduanya telah beraksi sejak Januari 2019, dan telah mencuri uang senilai Rp498.400.000.

    "Perkara ini sudah terjadi berlarut-larut, dan baru dilaporkan bulan Agustus 2021. Satu minggu kemudian kami mengamankan dua orang tersangka. Kurang lebih 15 TKP tersebar di Malang Raya," bebernya.

    Baca: Butuh Biaya Nikah, Pegawai Kontrak Pemkot Makassar Mencuri di Balaikota

    Modus yang dilakukan pelaku AF adalah dengan mengambil uang yang berada di dalam Cassette ATM bank. Cassette ATM adalah tempat untuk menaruh uang tunai yang berada di dalam mesin ATM.

    "Waktu melaksanakan aksinya masih sebagai karyawan vendor. Jadi dia tahu bagaimana cara membuka ATM," ungkapnya.

    Saat penangkapan, tersangka AF yang merupakan otak dari kejahatan tersebut dilumpuhkan dengan timah panas oleh polisi lantaran hendak kabur. Keduanya dikenakan pasal 363 Juncto 65 KUHP dengan ancaman hukuman sembilan tahun penjara.

    "Sementara ini tidak ada pelaku lain. Tidak mudah melakukan pengungkapan, karena pelaku sangat rapi. Pelaku sudah 10 tahun menjadi salah satu karyawan di salah satu vendor ATM," tegasnya.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id