Lab Unhas Hentikan Sementara Pemeriksaan PCR

    Muhammad Syawaluddin - 30 Juni 2020 18:13 WIB
    Lab Unhas Hentikan Sementara Pemeriksaan PCR
    Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
    Makassar: Laboratorium Mikrobiologi Klinik Rumah Sakit Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, menghentikan sementara pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) sampel pasien covid-19. 

    "Laboratorium Mikrobiologi Klinik RS Unhas saat ini sedang dalam proses dekontaminasi dan general cleaning, sehingga tidak dibolehkan melakukan proses pemeriksaan," kata Humas Unhas, Ishaq Rahman, di Makassar, Selasa, 30 Juni 2020.

    Ishaq mengatakan proses dekontaminasi dilakukan sebagai bentuk antisipasi kontaminasi dari sampel-sampel cairan pasien covid-19 yang berpotensi menulari tenaga medis. Selain juga meningkatkan perangkat pemeriksaan sampel.

    Baca juga: RSPTI Unair Jadi Rujukan Persalinan Bumil Positif Covid-19

    "Laboratorium juga banyak menerima kit pemeriksaan baru, sehingga masa general cleaning ini juga sekaligus untuk menginstal kit baru," jelas dia.

    Ishaq memastikan pemeriksaan PCR akan kembali dilakukan usai seluruh peralatan dan ruangan steril. "Setelah proses ini selesai, pemeriksaan kami pastikan akan lebih optimal lagi."

    Ia menambahkan selain di RS Unhas, pemeriksaan PCR bisa dilakukan laboratorium lain se-Sumsel. Antara lain, di Balai Besar Veteriner di Maros, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Makassar, Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Makassar, dan Laboratorium Kesehatan Kabupaten Soppeng. 

    "Kemudian di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar, Rumah Sakit Pendidikan Unhas, dan Rumah Sakit Sudirohusodo," kata dia.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id