Lansia di Bandung Bisa Kembali Sekolah

    Roni Kurniawan - 05 Februari 2020 16:51 WIB
    Lansia di Bandung Bisa Kembali Sekolah
    Lansia di Bandung saat menyaksikan peresmian Sekolah Lansia di kantor Kecamatan Sukajadi, Jalan Sukamulya, Kota Bandung, Rabu, 5 Februari 2020. Medcom.id/ Roni Kurniawan
    Bandung: Pemerintah Kota Bandung mendirikan sekolah lanjut usia (lansia) di Kantor Kecamatan Sukajadi, Jalan Sukamulya. Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, mengatakan tujuan didirikannya sekolah lansia untuk meningkatkan pengetahuan dan perilaku lansia terhadap kesehatan.

    "Sekolah ini diharapkan bisa meningkatkan indeks harapan hidup para lansia. Sehingga mereka tetap bisa sehat dan meningkatkan kemandirian dari aspek kesehatan fisik, psikologi, sosial dan spiritual," kata Yana usai peresmian di lokasi, Selasa, 5 Februari 2020.

    Yana menuturkan para lansia di Bandung akan ditawarkan untuk mendapatkan pendidikan kembali di sekolah tersebut dengan pola pembelajaran yang lebih fleksibel agar mudah dipahami.

    "Tidak teorotis. Untuk pesertanya itu didata dulu, tawarkan kepada para lansia. Mau ikut atau tidak? Intinya lebih sukarela," jelas Yana.

    Pemkot Bandung tidak memungut biaya bagi lansia yang mendapatkan pengetahuan atau keterampilan di sekolah tersebut. Bahkan lanjut Yana, pemkot mengajak para lansia untuk sekolah agar lebih aktif dan tidak hanya mengurung diri di rumah.

    "Silahkan yang mau daftar, kita tawarkan. Karena ini bagian dari program dan kewajiban pemerintah untuk memperhatikan para lansia ini," jelas Yana.

    Rencananya akan ada empat sekolah lansia lainnya di Kota Bandung yakni di Antapani, Sukajadi, Ujungberung, dan Cinambo. Hinnga kini jumlah lansia di Kota Bandung tercatat sebanyak 275.140 jiwa atau sskitar 11 persen dari 2.452.179 jiwa total penduduk Kota Bandung. Sedangkan angka harapan hidup (AHH) Kota Bandung mencapai usia 74 Tahun.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id