Cerita Tanda Wafat Gus Sholah

    Amaluddin - 03 Februari 2020 19:48 WIB
    Cerita Tanda Wafat Gus Sholah
    Pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng K.H. Sholahuddin Wahid atau Gus Sholah. Foto: Antara Foto/Syaiful Arif
    Jombang: KH Salahudin Wahid atau Gus Sholah meninggal di usia 77 tahun, pada Minggu, 2 Februari 2020. Keluarga hingga sahabat mengungkap tanda sebelum Gus Sholah wafat.

    Salah satunya disampaikan anak Gus Sholah, Irfan Wahid. Dia menuturkan ayahnya kerap bermimpi bertemu Ibunya Nyai Hj Sholehah Wahid, dan kakaknya, Presiden ke-4, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. 

    "Beberapa hari sebelum meninggal, ayah bilang, Kok saya ketemu sama Ibu saya ya. Terus antara mimpi atau enggak, saya melihat ada Gus Dur di situ juga, saya juga melihat ada kerabat-kerabat yang sudah meninggal di situ," kata Gus Ipang, sapaan akrabnya, menirukan cerita ayahnya sebelum meninggal, di sela pemakaman Gus Sholah di Pondok Tebuireng, Jombang, Senin, 3 Februari 2020.

    Tanda-tanda lainnya, kata Gus Ipang, Gus Sholah bermimpi ditemui banyak orang dan diberi ucapan selamat. Gus Ipang sempat heran dengan cerita ayahnya. 

    "Yang kita rasakan adalah seperti lazimnya orang-orang yang mau meninggal. Jadi entah dalam mimpi, dalam bayangan beliau itu adalah isyarohnya," kata Gus Ipang.

    Mustasyar PBNU KH Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus mengaku mendapat tanda sebelum Gus Sholah meninggal. Dia mengungkap Gus Sholah pernah bercerita terkait suksesi Pondok Pesantren Tebuireng. 

    "Saya waktu itu tidak sadar, kenapa kok bisa suksesi. Beliau mengatakan ada tokoh yang akan diserahkan untuk melanjutkan (Pondok Tebuireng)," kata Gus Mus.

    Gus Mus tidak merinci siapa sosok yang dimaksud Gus Sholah. Gus Mus mengaku lupa. Dia baru menyadari perkataan Gus Sholah kala itu sebagai tanda, setelah dinyatakan meninggal. 

    "Wallahu A'lam Bhisawab, kita tahunya kan kapundut (meninggal), belum kapundut ya tidak tahu apa-apa," ujarnya.





    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id