DIY Jamin Tol Yogyakarta-Solo Tak Ganggu Ekonomi Masyarakat

    Ahmad Mustaqim - 02 Agustus 2020 16:26 WIB
    DIY Jamin Tol Yogyakarta-Solo Tak Ganggu Ekonomi Masyarakat
    Peta rencana pembangunan Tol Yogyakarta-Solo. (Foto: Medcom.id/Ahmad Mustaqim)
    Yogyakarta: Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjamin proyek pembangunan tol Yogyakarta-Solo tak akan mematikan perekonomian warga. Meskipun, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X sempat menolak proyek tersebut.

    Sekretaris Daerah Pemerintah DIY, Kadarmanta Baskara Aji, mengatakan, perubahan pemikiran Sri Sultan yang kemudian menyetujui proyek telah melalui pertimbangan. Menurut dia, Sri Sultan tak mau masyarakat tak mendapat manfaat dari pembangunan tol.

    “Dulu sempat enggak mau (dibangun tol). Beliau ingin proyek tol memberi dampak positif ke masyarakat, tak cuma untuk dilewati,” kata Kadarmanta, Minggu, 2 Agustus 2020.

    Kadarmanta menyadari, proyek pembangunan tol di sejumlah wilayah tak memberi manfaat bagi warga. Bahkan usaha warga di sekitar menjadi sepi.

    Baca juga: Temanggung Siapkan 7 Juta Liter Air Bersih Atasi Kekeringan

    Ia mengatakan Pemerintah DIY berupaya mengubah situasi itu agar keberadaan tol bisa tetap menghidupkan ekonomi warga terdampak dan sekitarnya.

    “Harapannya masyarakat dari luar DIY bisa lebih mudah datang. Kedatangan bisa meningkatkan devisa masyarakat, sehingga meningkatkan pendapatan masyarakat," ujarnya.

    Proyek tol Yogyakarta-Solo telah mulai berjalan. Kadarmanta mengatakan proses pematokan lahan proyek akan dilakukan bulan ini.

    Salah satu titik yang akan dilintasi tol Yogyakarta-Solo berada di atas ring road. Dengan demikian akan ada pembebasan lahan di sekitar lokasi proyek untuk menambah luas jalan

    “Nanti yang sosialisasi akan lanjut (untuk proyek) tol Yogyakarta-Bawen. Tol Yogyakarta-Bawen akan dibangun setelah tol Yogyakarta-Solo,” imbuh dia.


    (MEL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id