Bandara Solo Awasi Ketat Penumpang Dari 3 Negara

    Triawati Prihatsari - 15 Maret 2020 12:08 WIB
    Bandara Solo Awasi Ketat Penumpang Dari 3 Negara
    Bandara Adi Soemarmo Solo memberlakukan pembersihan seluruh area bandara menggunakan disinfektan. Penyemprotan disinfektan dilakukan setiap hari untuk mencegah penyebaran virus korona.
    Solo: Bandara Adi Soemarmo Solo menerapkan pengawasan ketat terhadap penumpang yang berasal dari tiga negara, Iran, Korea Selatan, dan Italia. Pengawasan dilakukan untuk mencegah penyebaran virus korona atau covid-19.

    "Sesuai instruksi dari Kementerian Luar Negeri, Para penumpang dari tiga negara tersebut harus memiliki setifikat kesehatan dari negara setempat," kata Airport Operation and Safety Senior Manager Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Guntoro, di Solo, Minggu, 15 Maret 2020.

    Menurut Guntoro, berbeda dengan penumpang dari tiga negara itu, penumpang domestik juga diterapkan pemantauan melalui suhu tubuh menggunakan thermal scanner atau thermometer infrared.

    "Sampai saat ini kami belum menambah personel pengawasan, kami masih memaksimalkan petugas yang ada dengan dibantu petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Semarang dan aviation security (Avsec) dan lainnya. Jika ditemukan pemindaian suhu tubuh yang ada potensi lebih dari 38 derajat celsius itu dilakukan protokol sesuai prosedur yang berlaku," imbuh Guntoro.

    Dia juga menyebutkan, sampai saat ini pihaknya belum menemukan kejadian khusus di Bandara Adi Soemarmo Solo terkait penumpang terindikasi virus korona. Di sisi lain, Guntoro mengakui adanya penurunan jumlah penumpang sebagai dampak virus korona.

    "Ada penurunan sekitar 47 persen dibandingkan saat wabah virus korona belum merebak. Ada beberapa maskapai penerbangan internasional yang menunda jadwal penerbanhan karena penyebaran virus korona. Salah satunya Malaysia Airlines. Penerbangan untuk umrah juga cancel. Dan beberapa penerbangan domestik juga sudah mulai mengurangi penerbangannya," tukas Guntoro.
     



    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id