comscore

Kebun Binatang Bandung Akan Diambil Alih Pemkot

Roni Kurniawan - 09 Juni 2022 13:16 WIB
Kebun Binatang Bandung Akan Diambil Alih Pemkot
Ilustrasi kebun binatang (MI/Andri Widyanto)
Bandung: Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat, berencana mengambil alih pengelolaan Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoological Garden, di kawasan Jalan Tamansari. Hal itu imbas dari pengelola kebun binatang yang menunggak biaya sewa sejak 2007 sebesar Rp1,2 miliar.

Kepala Bidang Investarisasi Barang Milik Daerah (BMD) Kota Bandung, Siena Halim, mengatakan, akuisisi akan dilakukan jika yayasan tidak membayar tunggakan sewa. Bahkan Pemkot Bandung akan 'melelangnya' kepada pihak lain yang mampu mengelola.
"Bisa sewa jika ada pihak yang berani menyewa dan mengelola binantangnya, kalau sewa tidak lelang atau KSP kerjasama pemanfaatan, itu lelang bisa 30 tahun dan diperpanjang. Kalau sewa maksimum 5 tahun dan bisa diperpanjang," ujar Siena, di Jalan Bengawan, Kota Bandung, Kamis, 9 Juni 2022.

Ia menuturkan, Pemkot Bandung pun siap untuk mengelola kebun binatang tersebut dan akan memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Bahkan, harga tiket masuk bagi masyarakat pun akan lebih ekonomis dibandingkan harga yang dipatok pengelola yayasan.

Baca juga: Nunggak Sewa Hingga Rp1,2 Miliar, Kebun Binatang Bandung Terancam Disegel

"Kalau tidak ada yang sewa berarti pemerintah yang mengelola, mungkin UPT kebun binatang, sekarang kan mahal Rp50 ribu, kalau UTP bisa lebih ekonomis. Tapi tentunya pelayanan dan pengembangannya juga harus tetap ada pemerintah yang handle," bebernya.

Siena mengakui sudah berkoordinasi dengan beberapa pihak yang siap untuk mengelola kebun binatang. Namun hal itu akan dilakukan usai Pemkot Bandung resmi mengambil alih.

"Insyaallah sudah ada (yang mau mengelola). Sekarang pemkot melakukan pengamanan terhadap aset. Binatangnya gimana? Siapa yang memberi makan? Nah itu sudah ada," jelasnya.

Kebun Binatang Bandung masuk dalam daftar pengamanan aset oleh Pemkot Bandung pada tahun ini karena telah menunggak biaya sewa sebesar Rp1,2 miliar sejak 2007. Pemkot Bandung telah memberikan surat peringatan kepada pengelola kebun binatang saat ini, namun belum ditanggapi sehingga akan dilakukan penyegelan.

(MEL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id