comscore

Tantangan Ponpes Tasawuf Underground Gaet Anak Punk

MetroTV - 08 April 2022 16:48 WIB
Tantangan Ponpes Tasawuf <i>Underground</i> Gaet Anak Punk
Tantangan Ponpes Tasawuf Underground menggaet anak punk. Foto: Dok/Metro TV
Tangerang Selatan: Sebuah pondok pesantren (ponpes) bernama Ponpes Tasawuf Underground yang terletak di Tangerang Selatan, Banten, memiliki keunikannya sendiri. Ponpes ini menampung anak jalanan atau yang biasa disebut anak punk. Melalui ponpes ini, anak-anak punk belajar agama sehingga menjadi pribadi yang lebih baik.

Selain agama, ponpes ini juga mengajarkan kewirausahaan seperti laundry, kafe, dan cuci mobil atau motor. Kewirausahaan diajarkan pada anak punk agar mereka dapat lebih mandiri secara finansial. Beberapa alumni dari ponpes ini juga berhasil menempuh pendidikan ke perguruan tinggi bergengsi di Indonesia.
Sosok dibalik ponpes ini yaitu Ustaz Halim Ambiya. Stigma negatif yang menempel dalam diri anak punk membuat mereka memiliki kepribadian yang mendukung kebebasan dan kesetaraan. Namun, Halim memiliki siasatnya sendiri ketika mengajak anak punk untuk mempelajari agama.

“Ketika saya mulai mendekati mereka (anak punk), pintu masuk yang lebih mudah itu adalah dengan mengenalkan dengan ajaran agama yang lebih soft,” ujar Halim dalam tayangan Selamat Pagi Indonesia, Jumat, 8 April 2022.

Pendekatan Hati ke Hati

Cara Halim mempersuasi anak-anak punk juga tidak terkesan menggurui. Ia tidak langsung menjelaskan konsep halal-haram kepada mereka. Melainkan mendekati mereka dari hati ke hati.

Seperti yang diketahui, aliran punk merupakan budaya Barat. Sebab itu, Halim juga menanamkan nilai-nilai nasionalisme. Sebagai contoh, ia menceritakan tentang peristiwa Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November 1945 agar anak-anak tersebut lebih mencintai negeri sendiri.

"Pahlawan kita lebih punk daripada yang mereka bilang punk," kata Halim.

Halim berharap melalui ponpesnya, anak-anak tersebut menemukan ‘jalan pulang’-nya. Tidak hanya kepada Tuhannya, melainkan kepada keluarga mereka masing-masing. (Hana Nushratu)

(MBM)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id