comscore

225 Desa se-Banten Terdampak Gempa Pandeglang

Antara - 17 Januari 2022 14:03 WIB
225 Desa se-Banten Terdampak Gempa Pandeglang
Warga melihat kondisi rumah yang rusak akibat gempa di Kadu Agung Timur, Lebak, Banten, Jumat (14/1/2022). (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)
Serang: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banten mencatat hingga Senin, 17 Januari 2022, pukul 09.00 WIB, empat wilayah di terdampak gempa magnitudo 6,6 yang terjadi pada Jumat, 14 Januari 2022.

Sebanyak 225 desa/kelurahan di 55 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Serang, dan Kabupaten Tangerang terdampak gempa tersebut.

 



Kepala BPBD Banten Nana Suryana mengatakan data terakhir kerusakan terjadi pada 2.531 rumah, 51 sekolah, 16 Puskesmas, 20 sarana ibadah, 4 kantor pemerintah, serta 3 tempat usaha.

"Hari ini sudah tidak ada lagi yang mengungsi. Semuanya sudah pulang," kata Nana.

Dampak terluas di Kabupaten Pandeglang yang mencapai 163 desa/ kelurahan di 30 kecamatan. Sebanyak 2.244 rumah mengalami kerusakan. Selian itu, 43 sekolah, 16 Puskesmas, 14 sarana ibadah, 3 kantor pemerintah, dan 3 tempat usaha mengalami kerusakan.

Baca juga: Semringah, Pedagang Pasar Sederhana Terima Suntikan Modal dari Jokowi

Di Kabupaten Lebak, wilayah terdampak gempa tersebar di 55 desa/kelurahan pada 19 kecamatan. Sebanyak 274 rumah, 8 sekolah, 6 sarana ibadah, dan 1 kantor pemerintah mengalami kerusakan.

Di Kabupaten Serang, wilayah terdampak gempa di lima desa/kelurahan pada 4 kecamatan. Sebanyak 10 rumah mengalami kerusakan.

Sementara di Kabupaten Tangerang, wilayah terdampak gempa terjadi di dua desa/kelurahan di 2 Kecamatan. Sebanyak 3 rumah mengalami kerusakan.

Tambahan jumlah kerusakan itu berdasarkan hasil asesmen yang dilakukan oleh tim BPBD di daerah. Hingga saat ini BPBD Provinsi terus melakukan pendataan sesuai dengan instruksi Gubernur Banten pasca-gempa.

(MEL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id