comscore

Titik 0 Kilometer IKN Disebut Awal Membangun Generasi Indonesia

Deny Irwanto - 18 Juni 2022 00:40 WIB
Titik 0 Kilometer IKN Disebut Awal Membangun Generasi Indonesia
Sejumlah orang melakukan ikrar mengawal pembangunan Ibu Kota baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat, 17 Juni 2022. Dokumentasi/ istimewa
Penajam Paser Utara: Pimpinan GP Ansor, Muhammad Abror, mengajak pemuda dan mahasiswa bisa turut berkontribusi dalam mengawal pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim). Abror mengatakan generasi muda bisa menjadi sosok penting dalam pergerakan suatu bangsa.

"Saya kira tidak menutup kemungkinan kita akan membangun Indonesia dari generasi kita dari Titik Nol di tempat saya berdiri ini, terima kasih dan Selamat HUT Bhayangkara ke-76," kata Abror di titik 0 kilometer, Ibu Kota Nusantara, Penajam Paser Utara, Jumat, 17 Juni 2022.
Baca: Pemindahan IKN Oleh Jokowi Disebut Anugrah Warga Kaltim

Organisasi kepemudaan, mahasiswa dan elemen buruh menyerukan untuk terus mengawal pembangunan. Hal itu disampaikan usai digelarnya kegiatan ikrar dan menyatakan komitmen untuk mendukung dan mengawal pembangunan IKN.

Dalam ikrar komitmen tersebut dihadiri oleh 51 elemen kepemudaan, mahasiswa dan serikat pekerja atau buruh. Di sisi lain, Ketua Umum GMKI, Jefri Edi Irawan Gultom, mengajak kepada seluruh pemuda-pemuda untuk ikut mendukung pembangunan IKN.

Sementara Ketua Umum HIKMAHBUDHI, Wiyawan, menyampaikan ikrar para pemuda ini merupakan wujud dukungan terkait pembangunan IKN yang digagas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Dan tentu dengan adanya IKN akan ada banyak sekali manfaat yang akan dirasakan, bukan hanya di Kalimantan Timur, tetapi bagi seluruh masyarakat, bangsa, dan negara. Dan IKN ini kedepannya kami berharap juga semoga bisa berjalan dengan baik dan lancar serta tentu yang terpenting memberikan dampak, baik secara ekonomi, politik, maupun lainnya," ungkap Wiyaman.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Sunanto, juga berharap pembangunan IKN ini menjadi pemerataan pembangunan dan pemenuhan harapan anak bangsa.

"Semua anak bangsa memiliki harapan dan kesempatan yang sama untuk bisa bangkit dan mengenyam semua keilmuan dan kesejahteraan itu sendiri, maka pemindahan ibu kota harus kita dukung, karena memberikan harapan dan kesempatan bagi kita semua," ucap Cak Nanto sapaan akrabnya.

Sedangkan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, mengatakan ada sekitar 150.000 buruh yang bekerja dalam pembangunan IKN. Menurutnya IKN adalah salah satu masterpiece buat bangsa Indonesia.

"Bagaimana mengembangkan satu kota, dimana semua terintegrasi secara smart forest city. Kota yang di konsep baik, saya sering ke eropa rasanya melebihi eropa, tapi tak meninggalkan tradisi tentang nusantara," beber Iqbal.

Ia pun mengaku senang dan berharap pembangunan IKN berjalan cepat dan lancar. Bahkan ia menyebut IKN ini sebagai legenda dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Lebih lanjut, ia pun mengapresiasi Kapolri yang turut merayakan HUT Bhayangkara ke-76 di titik nol kilometer IKN. Menurutnya, hal tersebut dapat membangkitkan kembali nilai-nilai Bhayangkara agar melekat di dalam IKN.

"Saya rasa ini satu cara yang efektif tidak perlu berkata banyak tapi pesannya sampai. Nilai bhayangkara yang selama ini terbangun, pengabdian, pelayanan negara sebagai abdi negara diletakkan di titik nol," ujar Iqbal.

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id