comscore

Kejari Mukomuko Selidiki Korupsi Dana Desa Pasar Ipuh

Antara - 13 April 2022 15:22 WIB
Kejari Mukomuko Selidiki Korupsi Dana Desa Pasar Ipuh
Kepala Kejari Mukomuko, Rudi Iskandar. Antara/ Feri
Mukomuko: Kejaksaan Negeri (Kejari) Mukomuko, Bengkulu, melakukan penyidikan dugaan korupsi atau penyalahgunaan Dana Desa Pasar Ipuh untuk tahun anggaran 2021.
 
"Kasus penyalahgunaan Dana Desa Pasar Ipuh sekarang ini sudah naik tahapan penyidikan," kata Kepala Kejari Mukomuko, Rudi Iskandar, di Mukomuko, Rabu, 13 April 2022.

Baca: Dana Insentif Ketua RT/RW di Kabupaten Malang Cair Sebelum Lebaran
Dia menjelaskan penyidik kejari bersama tim selama melakukan penyelidikan menemukan adanya dugaan korupsi atau penyalahgunaan Dana Desa Pasar Ipuh untuk tahun anggaran 2021.
 
Selanjutnya kasus dugaan korupsi Dana Desa Pasar Ipuh dalam proses penyidikan. Penyidik akan mengumpulkan data serta menentukan siapa yang menjadi tersangka dalam kasus ini.
 
"Indikasi kerugian negaranya sudah ada sebesar Rp327 juta dari total dana desa dan alokasi dana desa tahun 2021 sebesar Rp1,1 miliar, tetapi ada dana yang tidak dicairkan seluruhnya di tahap tiga," jelasnya.

Menurut Rudi dalam waktu dekat pihaknya akan meminta ahli untuk menghitung kerugian negara akibat dugaan korupsi dana desa dan alokasi dana desa.
 
Meskipun kejari setempat belum menetapkan tersangka dalam kasus ini, ia mengatakan pula kemungkinan jumlah tersangka dalam kasus penyalahgunaan dana desa ini ini maksimal sebanyak dua orang.

Penyidik kejari setempat selama melakukan penyelidikan kasus dugaan korupsi atau penyalahgunaan dana desa ini, telah memeriksa perangkat desa sebagai saksi, dan pada tahap penyidikan ini akan ada saksi lagi yang dipanggil terkait kasus ini.
 
"Kejari setempat sampai sekarang telah memeriksa sebanyak 20 orang saksi yang terkait dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi atau penyalahgunaan dalam pengelolaan APBDes untuk tahun anggaran 2021," ungkapnya.

 

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id