Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama di Jateng Selesai April

    Mustholih - 13 Januari 2021 19:07 WIB
    Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama di Jateng Selesai April
    Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
    Semarang: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memastikan Kabupaten dan Kota Semarang serta Solo siap melakukan vaksinasi covid-19. Vaksin covid-19 produksi Sinovac yang diterima Jawa Tengah sudah didistribusikan ke tiga daerah tersebut.

    "Kota Semarang dapat 38.240 dosis vaksin, Kabupaten Semarang 8.000 dosis, dan Surakarta sementara baru menerima 10.620 dosis. Kabupaten dan Kota Semarang sudah menerima dua dosis suntikan, Solo baru satu dosis suntikan," kata Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Yulianto Prabowo, Rabu, 13 Januari 2021.

    Yulianto mengungkapkan tenaga kesehatan menjadi kelompok pertama yang menerima vaksin. Sebanyak 24 ribu lebih tenaga kesehatan di Kota dan Kabupaten Semarang serta Solo akan menerima suntikan vaksin.

    "Tahap pertama ada 18.752 orang tenaga kesehatan, Kabupaten Semarang 3.987 orang tenaga medis, Surakarta 1.609 orang tenaga kesehatan," urai dia.

    Ia melanjutkan,  vaksinasi di Jateng mulai dilaksanakan serentak pada pukul 07.30 WIB, Kamis, 14 Januari 2021. Di Provinsi Jawa Tengah, vaksinasi dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah Tugurejo, Semarang.

    Baca juga: Khofifah Menanti Hasil Tes Swab Kedua

    "Yang divaksin pertama, Guburnur dan Wakil Gubernur, Pangdam IV Diponegoro, Kapolda, Ketua DPRD, Kepala Dinas Kesehatan, Dirut RSUD, Pimpinan IDI, PMI, dan tokoh agama. Jadi sekitar 11 orang," jelas Yulianto.

    Adapun di daerah, kata dia, vaksinasi dilakukan di Puskesmas Ungaran, Puskesmas Pandanaran Kota Semarang, dan RSUD Bung Karno Solo. Ia memperkirakan vaksinasi covid-19 tahap pertama di Jateng bakal selesai pada April 2021.

    Selama periode vaksinasi tahap pertama, Yulianto menambahkan, setiap fasilitas kesehatan di Jateng hanya melayani 45 orang per hari. Dalam satu hari, vaksinasi juga dibagi dalam tiga sesi.

    "Masing-masing sesi melayani 15 orang," beber Yulianto.

    Setiap peserta, imbuh dia, harus lebih dulu melewati pemeriksaan kesehatan. Ada dua meja pemeriksaan yang harus dilewati tenaga kesehatan sebelum akhirnya disuntik vaksin covid-19. 

    "Meja pertama, pendaftaraan. Meja kedua, tempat pemeriksaan apakah memenuhi syarat. Kalau lolos, menuju meja tiga untuk penyuntikan vaksin. Meja keempat, observasi. Yang divaksin tidak langsung pulang. Minimal 30 menit duduk untuk dipantau reaksinya," papar dia.

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id