Tangsel Masih Data Nakes Penerima Vaksin Covid-19

    Farhan Dwitama - 04 Januari 2021 12:32 WIB
    Tangsel Masih Data Nakes Penerima Vaksin Covid-19
    Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
    Tangerang: Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, Banten, memprioritaskan pemberian vaksin covid-19, bagi tenaga kesehatan (nakes). Vaksinasi akan dilaksanakan pada 14 Januari 2021. 

    "Jadwal kita 14 Januari harus sudah mulai vaksinasi," ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan Tangsel, Allin Hendarlin Mahdaniar, Senin, 4 Januari 2021.

    Dinkes Tangsel, kata dia, saat ini masih terus melakukan pendataan tenaga kesehatan yang akan menerima vaksin. Sebab, masih banyak nakes yang belum mendaftarkan diri untuk vaksinasi covid-19. 

    "Tenaga kesehatan yang divaksin baru sekitar 9.700 orang, daftar lewat sistem informasi sumber daya manusia kesehatan di faskes, itu belum semuanya mendaftar. Makannya ini lagi digenjot terus, masih on progress pendaftaran jadi masih bergerak datanya," ucap Alin.

    Baca juga: Aktivitas Sesar Segmen Geresa Memicu 8 Kali Gempa di Morowali

    Menurut dia, seluruh tenaga kesehatan di Tangsel berjumlah sekitar 12 ribu orang. Selain pendataan, Dinkes Tangsel juga tengah melatih Nakes menjadi vaksinator atau tenaga pemberian vaksin.

    "Pelatihan untuk vaksinator, bagaimana alurnya, penyuntikannya. Ini kan bukan sesuatu yang biasa ya, pada saat orang vaksin itu harus di screening lagi. Di screening itu bisa saja yang sudah dapat sms, atau vaksinnya dipending karena ada sesuatu hal. Pelatihannya dipercepat untuk vaksinasi," kata dia.

    Ia menambahkan, Dinkes Tangsel juga belum mengetahui secara pasti mekanisme pendistribusian vaksin kepada dinas kesehatan di tingkat kota dan kabupaten. 

    "Hari ini kami baru pelatihan, nanti baru disampaikan teknis pengiriman vaksin dari provinsi ke kita seperti apa. Apakah sekaligus, by order, atau seperti apa belum disepakati," jelas dia.

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id