Vaksin Dinilai Berperan Besar Menurunkan Kasus Covid-19 di Jatim

    Amaluddin - 08 April 2021 16:43 WIB
    Vaksin Dinilai Berperan Besar Menurunkan Kasus Covid-19 di Jatim
    ilustrasi Medcom.id



    Surabaya: Penambahan kasus positif covid-19 di Jawa Timur terus menurun sejak adanya vaksinasi pada awal Januari 2021. Sebelumnya penambahan mencapai 700 hingga 1.000 kasus per hari, kini hanya sekitar 200 hingga 300 kasus.

    "Misalnya Rabu kemarin, kasus positif covid-19 ada penambahan 346 kasus, 230 kasus pada Senin kemarin lusa, dan 221 kasus pada hari Minggu. Alhamdulillah penambahan kasusnya terus menurun," kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Jatim, Makhyan Jibril, saat dikonfirmasi, Kamis, 8 April 2021.






    Baca: Pemkot Tangerang Tetap Laksanakan Vaksinasi saat Ramadan

    Jibril menyebut jumlah vaksin yang diterima Pemprov Jatim dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) total sebanyak 3.182.660 vaksin. Rinciannya sebanyak 2.687.160 adalah vaksin merk Sinovac dan 495.500 vaksin merk Astra Zeneca.

    Hingga saat ini, lanjut Jibril, jumlah masyarakat Jatim yang telah divaksin mencapai sekitar 1,4 juta orang per Rabu, 7 April 2021. Rinciannya, sebanyak 233.405 tenaga kesehatan (nakes), pelayanan publik 984.731 orang, dan 225.908 lansia juga sudah divaksin.

    "Sementara khusus nakes di Jatim sudah 100 persen divaksin," ungkapnya.

    Menurut Jibril vaksin adalah salah satu faktor utama yang membantu kasus positif covid-19 di Jatim menurun drastis. Maka itu Pemprov Jatim bersama Pemda di 38 kabupaten/kota di Jatim terus mempercepat proses vaksinasi itu, baik untuk pelayanan publik, guru, lansia, pedagang, dan masyarakat.

    Apalagi, kata Jibril, pemerintah berencana membuka kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) pada Juli 2021 mendatang. Ia berharap percepatan vaksinasi dapat mempercepat pemulihan ekonomi di Jatim.

    "Vaksinasi ini di lapangan sudah bisa kita lihat, berhasil menurunkan kasus covid-19 yang signifikan, utamanya bagi tenaga kesehatan. Vaksinasi ini dampaknya memang luar biasa," ujar Jibril.

    Berdasarkan data kasus covid-19 di Jatim pada Rabu 7 April 2021, secara kumulatif terkonfirmasi positif covid-19 mencapai sebanyak 141.423 pasien. Rinciannya, yang dirawat jumlahnya 1.924 orang atau 1,36 persen, lalu konfirmasi sembuh mencapai 129.390 orang atau 91,49 persen dan konfirmasi meninggal dunia sebanyak 10.109 orang atau 7,15 persen.

    Vaksin untuk Indonesia

    Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.
     
    "Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.
     
    Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id