Akal Bulus Terdakwa Kasus Penipuan Investasi Tambang Nikel

    Amaluddin - 08 Maret 2021 19:25 WIB
    Akal Bulus Terdakwa Kasus Penipuan Investasi Tambang Nikel
    Sidang pemeriksaan saksi kasus penipuan investasi tambang nikel, di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Senin, 8 Maret 2021. (medcom.id/Amal)



    Surabaya: Direktur Utama PT Cakra Inti Mineral (PT CIM), M Genta Putra, menyebut terdakwa kasus penipuan tambang nikel Christian Halim (CH), ingkar janji. Akibatnya, Genta mengalami kerugian sekitar Rp11 miliar, dari Rp20,5 milir total anggaran yang telah dikucurkan.

    "Dari Rp20,5 miliar dana yang saya berikan, kerugiannya mencapai sekitar Rp11 miliar CH," kata Genta, usai sidang pemeriksaan saksi kasus penipuan investasi tambang nikel, di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Senin, 8 Maret 2021.

     



    Dalam sidang mendengarkan keterangan saksi itu, Genta mengungkapkan penipuan yang dilakukan terdakwa CH. Semula, Genta mengaku baru mengenal CH sekitar 2019, saat itu ia dikenalkan oleh seorang temannya bernama Christeven Mergonoto.

    "Ketika itu dia (CH) meminta garapan proyek, namun saya menolak. Dia juga mengaku seorang kontraktor tambang nikel yang berpengalaman," katanya.

    Baca: Proyek Strategis Smelter Bijih Nikel di Kolaka Ditargetkan Rampung 2024

    Kemudian, lanjut Genta, CH kembali menawarkan untuk menggarap tambang nikel di Desa Ganda-Ganda, Kecamatan Petasia, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng). CH berjanji dan sanggup menghasilkan 100.000 matrik/ton bijih nikel setiap bulan.

    Tawaran itu kemudian menarik pelapor, Christeven Mergonoto, untuk berinvestasi bersama Pangestu Hari Kosasih dan Genta. Ketiganya adalah salah satu pendiri perusahaan bernama PT Cakra Inti Mineral (CIM).

    "Nah, syarat untuk menghasilkan 100.000 matrik bijih nikel per bulan, infrastruktur penunjang penambangan harus segera dibangun, dengan anggaran Rp20,5 miliar," tuturnya.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id