Bakar Rumah dan Kendaraan, 13 Orang Jadi Tersangka

    Antara - 25 November 2021 13:36 WIB
    Bakar Rumah dan Kendaraan, 13 Orang Jadi Tersangka
    Tangkapan layar - Polisi saat mengumpulkan barang bukti di salah satu rumah warga yang dibakar massa di Desa Lasalimu Pantai, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara pada Senin (22/11) malam. ANTARA/HO.



    Kendari: Kepolisian menetapkan sebanyak 13 orang sebagai tersangka diduga terlibat aksi pembakaran sejumlah rumah dan kendaraan pada Senin malam, 22 November 2021, di Desa Lasalimu Pantai, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara.

    Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Buton AKBP Gunarko mengatakan, telah memeriksa sebanyak 26 orang atas kejadian tersebut.

     



    "Sudah (ada tersangka). Dari 26 orang yang diambil keterangan, 13 orang kita naikkan statusnya menjadi tersangka," kata dia, Kamis, 25 November 2021.

    Gunarko mengungkapkan ke-13 tersangka merupakan warga setempat yang diduga terlibat pada aksi pembakaran dan perusakan sejumlah rumah dan kendaraan baik roda dua maupun roda empat di daerah itu.

    "Semua yang ditetapkan tersangka warga, untuk kepala desa masih dalam proses penyelidikan," ujar dia.

    Baca juga: Cegah Banjir, Kota Bandung Perbanyak Kolam Retensi

    Dijelaskannya, dari ke-13 orang yang ditetapkan sebagai tersangka saat ini sembilan orang sudah dilakukan penahanan. Sedangkan empat orang di antaranya masih di bawah umur sehingga dilakukan wajib lapor.

    "Sudah dilakukan penahanan. Untuk tersangka anak-anak kita kenakan wajib lapor karena masih di bawah umur, di bawah 18 tahun. Ada empat orang anak-anak," jelasnya.

    Gunarko mengungkapkan para tersangka dikenakan Pasal 170 dan 406 KUHP tentang secara bersama melakukan pengrusakan dengan ancaman di atas lima tahun penjara.

    Sebelumnya, Senin malam, 22 November 2021, sekitar pukul 19.30 WITA terjadi kerusuhan di Desa Lasalimu Pantai, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton.

    Informasi yang dihimpun, kerusuhan tersebut diduga dipicu putusan sengketa lahan di Pengadilan Negeri Pasarwajo, Kabupaten Buton, Provinsi Sultra. Dampak dari kerusuhan mengakibatkan dua unit rumah warga dan tiga unit kendaraan roda dua serta roda empat dibakar dan dirusak massa. Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id