RS Lapangan Indrapura Surabaya Didominasi Warga Madura

    Amaluddin - 14 Juni 2021 17:21 WIB
    RS Lapangan Indrapura Surabaya Didominasi Warga Madura
    ilustrasi Medcom.id



    Surabaya: Jumlah pasien covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya, Jawa Timur, mencapai 363 orang. Warga asal Madura, mendominasi jumlah pasien di RS tersebut.

    "Dari 363 pasien, sebanyak 189 pasien di antaranya dari Madura, 65 pekerja migran Indonesia (PMI), 97 masyarakat umum, dan klaster pondok pesantren 12 orang," kata Ketua Pelaksana Program Pendampingan Keluarga Pasien covid-19 RSLI, Radian Jadid, dikonfirmasi, Senin, 14 Juni 2021.

     



    Menurut Radian, kondisi pasien covid-19 di RSLI mayoritas berstatus orang tanpa gejala (OTG). Cycle threshold (CT) para pasien di bawah 25 atau infeksius berpotensi besar menular.

    "Itu artinya tingkat penularannya rendah," katanya.

    Baca: Pemda se-Jateng Diminta Ambil Sampel Genome Sequencing Pasien Covid-19

    Radian mengatakan, penambahan pasien covid-19 di RSLI meningkat 300 persen dari sebelumnya hanya 25-30 pasien. Meski demikian, Radian memastikan kapasitas tempat tidur di RSLI aman.

    "Kapasitas bed yang tersedia ada 400 bed, sementara jumlah pasien yang dirawat sampai hari ini ada 363 orang, jadi masih ada sisa," ujarnya.

    Untuk itu, pihaknya tengah menyiapkan penambahan bed hingga tenaga kesehatan. Jadid berharap penambahan fasilitas hingga tenaga kesehatan (nakes) bisa terlaksana dalam pekan ini.

    "Penambahan bed masih dalam proses. Rencananya ada enam dokter dan 12 perawat dari TNI karena urgen dan butuh yang tercepat, juga masih koordinasi dengan dinkes, untuk tambahan dari IDI untuk dokter dan PPNI perawat," katanya.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id