Bawa Anak, Ratusan Wisatawan Ditolak Kebun Binatang Gembira Loka

    Ahmad Mustaqim - 14 September 2021 16:46 WIB
    Bawa Anak, Ratusan Wisatawan Ditolak Kebun Binatang Gembira Loka
    Sejumlah pengunjung saat mengakses pintu masuk Kebun Binatang Gembira Loka. Medcom.id/ Ahmad Mustaqim



    Yogyakarta: Pemerintah Kota Yogyakarta menyatakan ada ratusan calon pengunjung Kebun Binatang Gembira Loka ditolak masuk saat destinasi wisata itu mulai uji coba dibuka. Penyebab mereka ditolak masuk lanaran membawa anak di bawah usia 12 tahun.

    "Meski sudah buka, di sana menolak ratusan orang (karena) membawa anak kecil," kata Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, di Kompleks Pendopo Agung Tamansiswa Jalan Tamansiswa Nomor 25 Kota Yogyakarta, Selasa, 14 September 2021.

     



    Baca: 1,3 Juta Warga KTP Kota Bekasi Sudah Divaksin Dosis Pertama

    Kebun Binatang Gembira Loka menjadi satu dari tiga destinasi yang diizinkan uji coba pembukaan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Dua destinasi lain yakni Tebing Breksi (Sleman) dan Hutan Pinus Mangunan (Bantul).

    Heroe mengatakan Kebun Binatang Gembira Loka sudah sejak awal disiapkan uji coba, termasuk sudah mengantongi sertifikat CHSE dari Kemenparekraf. Namun uji coba itu belum membolehkan anak usia 12 tahun ke bawah.

    "Problemnya (uji coba pembukaan destinasi wisata dan sejumlah tempat umum) tak mungkin anak-anak ditinggal, seperti masuk di mal dan lain-lain," jelas Heroe.

    Manajer Marketing Kebun Binatang Gembira Loka, Yosi Hermawan, mengatakan pengelola melakukan simulasi pembukaan operasional secara internal sejak kemarin. Meski internal, pihaknya tak menolak kunjungan umum.

    "Walaupun secara garis besar, secara promosi, kita belum mengumumkan Gembira Loka buka," ungkap Yosi.

    Ia menuturkan pengunjung usia 12 tahun ke bawah masih belum diizinkan. Kelompok tersebut belum masuk dalam kategori penerima sasaran vaksin covid-19. "Syarat di tempat kami (pengunjung yang diterima) yang telah divaksinasi dan sehat," ujarnya.

     

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id