Punya Ikatan Khusus dengan Habibie, UMM Gelar Salat Gaib

    Daviq Umar Al Faruq - 12 September 2019 14:59 WIB
    Punya Ikatan Khusus dengan Habibie, UMM Gelar Salat Gaib
    Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar solat ghaib di Masjid AR Fachrudin, Kamis 12 September 2019. (Foto: Dok. UMM)
    Malang: Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar salat gaib di Masjid AR Fachrudin, Kamis, 12 September 2019. Salat diselenggarakan untuk menghormati wafatnya Presiden ke-3 Indonesia, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie.

    Ratusan dosen, karyawan, hingga mahasiswa UMM turut mengikuti salat gaib dan memanjatkan doa untuk mendiang Habibie. UMM sendiri juga mengibarkan bendera setengah tiang di lapangan Helipad.

    Wakil Rektor II UMM, Nazaruddin Malik, mengatakan kabar berpulangnya Habibie menyisakan duka mendalam bagi bangsa Indonesia dan dunia ilmu pengetahuan. Tak terkecuali seluruh civitas akademika UMM yang memiliki ikatan khusus dengan Habibie.

    "Pak Habibie punya sumbangsih pemikiran yang besar terhadap perkembangan UMM, utamanya pendirian Kampus III UMM. Pak Habibie juga punya andil besar menginspirasi pendirian Fakultas Teknik," katanya usai salat gaib.

    Nazarudin menjelaskan tidak banyak yang mengetahui bila sosok Habibie yang sebenarnya mencanangkan pembangunan Kampus III UMM di Jalan Raya Tlogomas, Kota Malang, Jawa Timur. Kampus itu sekarang menjadi kampus induk.

    "Waktu itu Pak Habibie masih menjabat Menristek atau Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi periode 1974-1998," bebernya.

    Selain itu, Habibie juga meresmikan Masjid AR Fachruddin UMM saat sudah menjabat sebagai Presiden ke-3 Indonesia. Masjid itu dibangun pada 1995 dan diresmikan pada 1998. 

    Masjid dengan dominasi warna putih ini terdiri dari lima lantai yang dimanfaatkan selain untuk tempat ibadah juga untuk perkuliahan dan perkantoran. Tempat ibadah berada di lantai tiga sampai lantai lima. 

    Punya Ikatan Khusus dengan Habibie, UMM Gelar Salat Gaib

    Sedangkan lantai dua digunakan untuk perkantoran takmir masjid, perpustakaan, ruang perkuliahan, laboratorium psikologi, tempat wudhu dan aula. Lalu lantai satu digunakan untuk perkantoran, bank, kantin, dan laboratorium, bimbingan konseling, poliklinik, dan beberapa kantor pusat studi.

    "Untuk menghormati jasa bapak teknologi Indonesia ini, civitas akademika Kampus Putih menggelar salat gaib di Masjid AR. Fachrudin," pungkasnya.





    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id