Anggota Brimob Tewas Tertembak KKB di Intan Jaya Hoaks

    Roylinus Ratumakin - 07 Januari 2020 18:05 WIB
    Anggota Brimob Tewas Tertembak KKB di Intan Jaya Hoaks
    Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Papua Kombes Achmad Mustofa Kamal. (Foto: Medcom.id/Roylinus)
    Jayapura: Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Papua Kombes Achmad Mustofa Kamal memastikan kabar seorang anggota Brimob tewas ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Intan Jaya tidak benar.

    “Itu Hoaks. Saya mau sampaikan bahwa pernyataan yang disampaikan admin TPNPBNews melalui siaran pers yang beredar di media sosial itu tidak benar,” kata Kamal, Selasa, 7 Januari 2020.

    Kamal hanya membenarkan unggahan TPNPBNews yang menyebut terdapat foto berupa barang-barang, identitas, serta alat-alat lainnya yang disebut milik anggota Polri.

    “Pemiliknya masih hidup dan saat ini masih berdinas di Timika. Barang tersebut terjatuh pada saat anggota hendak melewati jurang untuk melakukan pengejaran terhadap kelompok Kriminal Bersenjata di Kabupaten Intan Jaya,” jelas dia.

    Kamal pun meminta masyarakat tak mudah termakan isu tidak benar. Sebab foto yang menunjukkan seseorang tengah tiarap dan dikelililingi oleh KKB, memiliki perbedaan tempat dengan foto temuan barang milik anggota polri.

    “Foto yang ditampilkan dalam TPNPBNews terlihat di tengah hutan gersang sedangkan pada foto identitas anggota terlihat berada di tempat di padang rumput hijau. Ini membuktikan bahwa foto tersebut kontroversial dengan pernyataan TPNPB,” katanya.

    Masyarakat pun dihimbau untuk tidak mudah percaya dengan berita-berita yang belum tentu kebenarannya.

    “Cek dahulu sumber informasi atau berita apakah dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, jika menyebarkan hoaks akan dikenakan sanksi hukum sesuai dengan Undang-Undang ITE,” tegas dia.

    Foto-foto diduga barang-barang milik anggota Brimob Polri tercecer di sebuah hutan di Kabupaten Intan Jaya ramai di media sosial. Portal TPNPBNews menuliskan keterangan bahwa anggota polri diduga tewas tertembak KKB di lokasi itu saat bertugas. 



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id