Banjir di Permukiman di Demak Tambah Tinggi

    Rhobi Shani - 12 Januari 2020 12:44 WIB
    Banjir di Permukiman di Demak Tambah Tinggi
    Banjir di halaman kantor Desa Trimulyo Kecamata Guntur Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Minggu, 12 Januari 2020. Medcom.id/ Rhobi Shani
    Demak: Ketinggian banjir yang merendam wilayah permukiman di Desa Trimulyo, Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, meningkat. Ketinggian banjir saat ini mencapai 80 sentimeter hingga 100 sentimeter yang sebelumnya hanya 40 sentimeter.

    Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Demak, Suprapto, mengatakan saat ini banjir juga merendam halaman kantor Desa Trimulyo yang sebelumnya dijadikan lokasi pengungsian.

    "Ini di halaman (kantor desa) sudah 20 sentimeter. Di wilayah permukiman warga naik sekitar 40 sentimeter, kalua kemarin di permukiman 40 sentimeter sekarang bias sampai 80 sentimeter sampai 100 sentimeter," kata Suprapto kepada Medcom.id, Minggu, 12 Januari 2020.

    Suprapto menjelaskan jumlah warga yang terdampak bertambah. Tercatat lebih dari 3.600 jiwa warga dari sejumlah desa di Kecamatan Trimulyo terdampak banjir.

    "Yang mengungsi berpa kami belum tahu angka pastinya, anggota masih melakukan pendataan di posko-posko pengungsian," jelas Suprapto.

    Guna mengurangi dampak banjir, tujug eskavator diterjunkan untuk memperbaiki tanggul sungai Tuntang di Desa Trimulyo yang jebol.

    Tanggul sungai Tuntang jebol kali pertama pada, Kamis, 9 Januari 2020. Panjang tanggul yang jebol mencapai 7 meter dengan lebar 6 meter dan tinggi lima meter. Esok harinya, Jumat, 10 Januari 2020, tanggul yang jebol diperbaiki dengan tiga eskavator. Proses perbaikan belum selesai, tanggul kembali jebol.

    Selain merendam ratusan rumah dan hectare sawah, banjir juga merendam lima sekolahan dan dua pondok pesantren. 



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id