Kakak Ipar Presiden Jokowi Pernah Kena Rotasi Guru

    Pythag Kurniati - 14 Agustus 2019 16:19 WIB
    Kakak Ipar Presiden Jokowi Pernah Kena Rotasi Guru
    Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
    Solo: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memulai rotasi guru dalam sistem zonasi. Sedangkan di Solo, sistem rotasi sudah dimulai lebih dahulu, yakni sejak 2015. Salah satu guru yang terkena rotasi ialah kakak ipar Presiden Joko Widodo, Haryanto. Pria yang disapa Anto itu saat ini merupakan guru pendidikan olahraga di SMPN 10 Solo.

    "Sebelumnya Pak Haryanto guru di SMPN 19. Tahun 2015 atau 2016 itu pindah di SMPN 10," kata Kepala Dinas Pendidikan Solo, Etty Retnowati di Solo, Jawa Tengah, Rabu, 14 Agustus 2019.

    Etty menjelaskan saat itu rotasi menyasar guru-guru yang sudah 20 tahun lebih mengajar di satu sekolah. "Pak Haryanto sudah 30 tahun di SMP 19," jelas Etty.

    Tahun selanjutnya rotasi guru menyasar kepada guru yang sudah mengajar 15 tahun di satu sekolah. Rencananya tahun ini rotasi guru akan kembali dilakukan.

    Etty kembali mengatakan rotasi guru dilakukan agar seluruh guru memiliki kemampuan dan pengalaman merata. Selain itu, rotasi memungkinkan agar tidak ada senioritas di dalam satu sekolah.

    "Jadi ini bisa menambah wawasan guru. Dari awal sampai pensiun tidak di satu sekolah aja. Semoga juga bisa menularkan virus positif," pungkas Etty.

    Terpisah Haryanto mengaku mengikuti seluruh kebijakan yang diterapkan Pemkot Solo. Sistem rotasi menurutnya memiliki banyak nilai positif.

    "Kalau saya hanya mengikuti kebijakan saja, tidak ada yang istimewa. Dengan rotasi ini kan lebih dekat dari rumah, adaptasi tetap mudah kok, pada dasarnya kan semua guru saling mengenal," ungkap Haryanto.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id