Pemprov Kalimantan Utara Kekurangan 3.741 ASN

    Antara - 06 Agustus 2020 23:07 WIB
    Pemprov Kalimantan Utara Kekurangan 3.741 ASN
    Ilustrasi ASN. (Foto: Medcom.id/Farhan D)
    Tarakan: Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mengemukakan hingga Mei 2020, jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintahan hanya 3.880 orang. Idealnya, pegawai berstatus ASN di Pemprov Kaltara sebanyak 7.621 orang.

    "Saat ini terpenuhi 3.880, sehingga masih kekurangan 3.741 orang," kata Kepala Sub Bidang Pengadaan dan Pensiun Pegawai BKD Provinsi Kaltara, Arya Mulawarman, Kamis, 6 Agustus 2020.

    Arya mengungkapkan kekurangan ASN di lingkungan Pemprov Kaltara berdasarkan Analisis Jabatan (Anjab) dan Analisa Beban Kerja (ABK) sebelum diberlakukannya Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 56 Tahun 2019 tentang Pedoman Nomenklatur dan Unit Kerja Sekretariat Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota.

    “Jumlah ideal PNS setelah perubahan struktur organisasi, berdasarkan Permendagri No 56/2019, bertambah menjadi 7.793 orang atau ada penambahan 172 orang,” kata dia.

    Baca juga: Pasien Sembuh dari Covid-19 di Jember Capai 64 Persen

    Arya mengungkapkan untuk memenuhi jumlah ideal tersebut, Pemprov Kaltara selalu mengajukan usulan formasi calon ASN setiap tahun, termasuk formasi CASN 2021.

    “Kita usulkan 1.500 formasi, dapat 500 atau 300, selalu ada pengurangan setiap pengusulan. Ini memang menyesuaikan dengan kondisi keuangan daerah,” ungkapnya.

    Kebutuhan ASN juga dapat terpenuhi dari proses mutasi ASN ke Pemprov Kaltara dan ASN dengan ikatan dinas. Untuk saat ini, Arya berharap ASN Pemprov Kaltara dapat memaksimalkan kinerja, khususnya di masa pandemi covid-19.

    “Harapannya para ASN di Kaltara dapat mengembangkan diri, terutama tenaga teknis dan guru, karena pekerjaan saat ini lebih ke arah digitalisasi,” jelas Arya.

    (MEL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id