SAR Persempit Area Pencarian Korban Kapal Tenggelam

    Antara - 08 Juli 2020 10:07 WIB
    SAR Persempit Area Pencarian Korban Kapal Tenggelam
    Proses pencarian korban kapal Kasih 25 yang tenggelam di perairan Pukuafu, Kupangm NTT, hari ketiga. (Foto: ANTARA/Basarnas Kupang)
    Kupang: Tim pencarian dan pertolongan (SAR) gabungan mempersempit area pencarian korban kapal tenggelam di perairan Pukuafu, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), setelah selama tiga hari menyisir sektor satu dan sektor dua.

    "Hari ini kita persempit lokasi pencarian korban, fokus di sektor tiga dan empat setelah sektor satu dan dua kami anggap sudah aman dari pencarian," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang Emi Frizer, Rabu, 8 Juli 2020.

    Ia menjelaskan penyempitan area pencarian lima korban kapal tenggelam Kasih 25 karena wilayah sebaran dari objek yang mengapung di permukaan air radiusnya sudah mendekati angka 240 nautical miles.

    Baca juga: PPU Masih Tunggu 12 Ribu Rapid Test Kit

    Pada jarak itu, kata Emi, keselamatan tim SAR adalah yang utama melihat kondisi laut yang kurang bersahabat. "Kami juga memiliki keterbatasan fasilitas berupa armada yang tak bisa mengarungi kondisi laut dengan ketinggian ombak sampai empat meter seperti saat ini," tambah dia.

    Penyempitan area pencarian juga merujuk pada penanganan-penanganan kecelakaan laut yang sebelumnya juga terjadi di perairan Pukuafu.

    Berkaca pada kasus kecelakaan sebelumnya, menurut Emi korban kapal tenggelam di perairan Pukuafu yang hilang tidak akan terdampar alih-alih hanyut sampai ke ujung pulau Semau, pulau Kambing pesisir Otan atau juga kemungkinan ke Tablolong.

    "Hasil penemuan jenazah kemarin menjadi titik terang untuk hari ini kami akan fokuskan ke wilayah sektor tiga dan empat, karena korban ditemukan di sektor tiga dalam keadaan mengapung," jelas dia.

    (MEL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id