Warga Diwajibkan Punya Surat Bebas Covid-19 Jika Masuk Makassar

    Muhammad Syawaluddin - 29 Juni 2020 16:27 WIB
    Warga Diwajibkan Punya Surat Bebas Covid-19 Jika Masuk Makassar
    Penjabat Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin, saat memberi arahan, di Makassar, Sulawesi Selatan. Medcom.id/ Muhammad Syawaluddin
    Makassar: Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan, berencana akan memberlakukan pemeriksaan surat keterangan bebas covid-19 bagi warga yang ingin masuk ke Kota Makassar. Pengetatan pemeriksaan tersebut untuk menghambat penambahan kasus virus korona di Kota Makassar.

    "Jadi siapapun yang masuk di Kota Makassar harus punya surat keterangan bebas covid-19 ," kata Penjabat Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin, di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin, 29 Juni 2020.

    Baca: Lumbung Pangan di Kota Tangerang Aman Selama PSBB Diperpanjang

    Rudy menjelaskan dengan begini diharap kasus virus korona di Makassar bisa ditekan. Menurutnya dalam waktu dekat pihaknya segera membahas terkait penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat.

    "Kita tidak pernah tahu misal ada yang ke Maros dan dari Maros dia tidak mematuhi aturan protokol kesehatan entah terpapar di mana dan kembali ke Makassar membawa virus tanpa ada tanda-tanda. Nah, itu yang kita waspadai," ujarnya.

    Pembahasan tersebut akan melibatkan beberapa pihak seperti dinas perhubungan, dinas kesehatan, TNI, dan Polri. Rudy juga sementara membentuk tim percepatan dengan bermuara pada tiga konsep yakni unsur kepatuhan, unsur kejujuran dan saling pegang tangan untuk menyadarkan masyarakat.

    Tiga unsur ini dinilai Rudy sangat penting karena jumlah pasien positif covid bertambah dikarenakan tidak patuhnya masyarakat terhadap protokol kesehatan, tidak jujurnya masyarakat jika sedang merasakan gejala virus.

    "Jadi kita panggil juga tim dari Unhas, tim epidemiologi yang memang mampu menggambarkan  bagaimana status terhadap suatu pandemi atau penyakit yang berdampak pada suatu populasi di masyarakat," ungkapnya.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id