10 Penambang Dilaporkan Hilang Saat Gunung Semeru Meletus

    Amaluddin - 04 Desember 2021 23:19 WIB
    10 Penambang Dilaporkan Hilang Saat Gunung Semeru Meletus
    Arsip foto - Awan panas guguran Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (16/1/2021). ANTARA/HO-BNPB/aa. (ANTARA/ HO - BNPB)



    Surabaya: Sebanyak 10 orang dinyatakan hilang saat peristiwa erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur. Mereka diketahui merupakan penambang pasir dan pekerja perusahaan tambang di wilayah setempat.

    "Di Desa Sumberwuluh, itu ada namanya Kampung Renteng, area tambang, di besuk namanya itu ada dua orang yang hilang sampai sekarang belum ditemukan," kata Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati Masdar, saat dikonfirmasi, Sabtu, 4 Desember 2021.

     



    Baca: Gunung Semeru Berstatus Waspada

    Selain dua orang itu, juga ada delapan orang dilaporkan hilang. Mereka diduga terjebak di kantor perusahaan tambang pasir yang letaknya tak jauh dari sana. "Delapan orang yang hilang itu diduga terjebak di kantor pemilik tambang. Kami tidak bisa menghubungi karena handphone-nya tidak aktif," jelasnya.

    Indah mengatakan para pekerja tambang tersebut melakukan komunikasi terakhir dengan petugas sore tadi. Namun kini mereka kehilangan kontak.

    "Tadi sore sempat mengirimkan video, minta tolong untuk bisa dibantu, tetapi petugas BPBD dan relawan tidak bisa mengevakuasi karena lahar panas sudah di sana, kami menunggu surut. Mudah-mudahan mereka masih selamat," ungkapnya.

    Diketahui Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengalami erupsi disertai muntahan awan panas guguran pukul 15.00 WIB, Sabtu, 4 Desember 2021.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id