Level PPKM di Jepara Menunggu Evaluasi Pusat

    Rhobi Shani - 21 Juli 2021 14:08 WIB
    Level PPKM di Jepara Menunggu Evaluasi Pusat
    Bupati Jepara, Dian Kristiandi. Medcom.id/ Rhobi Shani



    Jepara: Pemerintah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, masih menunggu evaluasi pelaksanaan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat oleh pemerintah pusat. Dua kementerian meberikan penilaian yang berbeda untuk Kabupaten Jepara.

    Bupati Jepara, Dian Kristiandi, mengatakan melalui rapat dalam jaringan (daring) Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi mengevaluasi Jepara masuk wilayah PPKM level dua. Sementara Menteri Dalam Negeri menyampaikan Kota Ukir masuk dalam wilayah PPKM level tiga.

     



    “Keterangan masih berbeda untuk Kabupaten Jepara. Kami akan lakukan evaluasi yang sebenarnya seperti apa. Setelah tanggal 25 (Juli 2021) nanti akan kami tentukan pakai ketentuan level berapa,” ujar Dian, Rabu, 21 Juli 2021.

    Penerapan di lapangan level dua dan tiga berbeda. Varibel penentuan level diantaranya angka kematian dan angka BOR (Bed Occupancy Rate). Secara teknis, ketentuan penerapan level diserahkan kepada pemerintah daerah.

    Baca: Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Sembuh Covid-19

    “Sedikit diberikan kelonggaran (level dua), nah kelonggaran diberikan kewenangan kepada daerah,” kata Dian.

    Seperti diketahui Menteri Dalam Negeri membagi PPKM dalam empat level. Daerah yang masuk dalam level tiga dan empat, diantaranya melaksanaan kegiatan belajar mengajar secara daring. Pelaksanaan kegiatan pada sektor non esensial diberlakukan 100% Work From Home (WFH).

    “Makanya ini kami masih menunggu, Jepara masuk level berapa. Kalau masuk level dua ya, akan segera kita atur. Misalnya kalau level tiga warung boleh buka sampai jam 20.00, berarti nanti kalau level dua apakah sampai jam 21.00 atau 22.00,” kata Dian.

    Berdasar data pada Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara, selama penerapan PPKM Darurat terjadi penurunan BOR pasien covid-19 di rumah sakit dan lokasi isolasi terpadu. Saat ini angka aktif positif covid-19 sebanyak 716 kasus atau 4,19 persen, angka kesembuhan mencapai 15.460 pasien atau 90,39 persen.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id